Membentuk generasi Islami melalui pembaharuan pendidikan Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azam, Mohammad Fatih (2017) Membentuk generasi Islami melalui pembaharuan pendidikan Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu di Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (742kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Pembaharuan pada sebuah instansi pendidikan adalah sebuah hal yang wajar, tidak terkecuali pembaharuan yang ada pada Sekolah Islam Terpadu, terlebih jika tantangan yang ada pada masyarakat sangat mengharuskan dilakukan adanya pembaharuan, apalagi pembaharuan ini dilakukan untuk membentuk generasi Islami yang keberadaannya semakin hilang ditengah kemajuan zaman dan ditengah maraknya krisis moral pada masyarakat. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan: (1) bagaimana generasi Islami dalam perspektif sekolah Islam terpadu; (2) bagaimana pembaharuan pendidikan Islam pada sekolah Islam terpadu; dan (3) bagaimana membentuk generasi Islami melalui pembaharuan pendidikan Islam pada Sekolah Islam terpadu.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi multi kasus, karena penelitian ini berusaha memahami secara detail terkait pembaharuan yang ada pada sekolah Islam terpadu. Data bersumber dari dokumen dan informan yang ditetapkan secara proporsional. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dipetakan dan dianalisis sehingga terkumpul data yang relevan dengan tema penelitian. Selanjutnya data dilakukan analisis guna menyusun konsep dan gambaran dari temuan penelitian, dan terakhir pengujian kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi sumber dan waktu serta pengujian transferability (keteralihan).Penelitian ini menghasilkan temuan berkaitan dengan pembaharauan pendidikan Islam dalam rangka pembentukan generasi Islami. Pertama, generasi Islami yang diharapkan akan terbentuk memiliki sepuluh karakter, yakni: al-sali>m al-a>qidah, al-s}ahi>h al-iba>dah, al-mati>n al-khu>luq, qadir> ‘ala al-kas}bi, al-muthaqqaf al-fiqri, al-qawiyy al-jismi, muja>hid li nafsihi, munazzam fi shu’unihi, ha>ris ‘ala al-waqtihi, na>fi’ li al-ghairihi. Kedua, pembaharuan yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) hanyalah sebuah modernisasi, yakni menutupi dan melengkapi kekurangan dari konsep pendidikan yang telah berjalan sebelumnya. Ketiga, upaya pembentukan generasi Islami pada SDIT tidak dilakukan memalui adanya pembaharuan, tetapi hanya melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan pada setiap aktivitas siswa dilingkungan sekolah, yang mana pembiasaan-pembiasaan ini semuanya dalam aspek dan berasas Islam sebagai dasarnya, sehingga karakter Islami yang dicita-citakan dapat terbentuk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azam, Mohammad Fatihahmad.azzam0991@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pembaruan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Generasi Islami; Pembaharuan; Sekolah Dasar Islam Terpadu
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AZAM MOHAMMAD FATIH
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:24
Last Modified: 04 Aug 2017 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18104

Actions (login required)

View Item View Item