Problematika implementasi kurikulum KTSP dan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : studi multi Kasus di SMP Negeri 1 Kedungwaru dan SMP Negeri 2 Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supriyusepa, Supriyusepa (2017) Problematika implementasi kurikulum KTSP dan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : studi multi Kasus di SMP Negeri 1 Kedungwaru dan SMP Negeri 2 Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (463kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (557kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Kurikulum sifatnya dinamis karena selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan zaman dan tantangan zaman. Dari perkembangan kurikulum yang terjadi kemungkinan tidak terlepas dari problem atau masalah-masalah dalam implementasinya antara KTSP dan Kurikulum 2013, maka dalam hal ini perlu diadakan pengkajian.Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan KTSP dan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kedungwaru dan SMP Negeri 2 Tulungagung?, (2) Apa saja problematika dan solusi penerapan KTSP pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kedungwaru dan SMP Negeri 2 Tulungagung?, (3) Apa saja problematika dan solusi penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kedungwaru dan SMP Negeri 2 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi multi kasus, lokasi penelitian ini di SMP Negeri 1 Kedungwaru dan SMP Negeri 2 Tulungagung. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kedungwaru pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintific sudah bisa dikatakan cukup maksimal karena siswa dan guru bisa bekerjasama dengan baik sedangkan di SMP Negeri 2 pendekatan saintific masih dirasa belum maksimal karena guru masih terbawa dengan kebiasaan lama yakni dengan model ceramah. Problematika implementasi KTSP di SMP Negeri 1 Kedungwaru, siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran karena lebih dominan guru yang berperan aktif. Sedangkan problematika KTSP di SMP Negeri 2, padatnya materi yang ada sementara dalam satu minggu alokasi pembelajarannya hanya 2JP.Problematika Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kedungwaru, penilaian hasil belajar yang masih belum jelas karena formatnya berubah-ubah. Sedangkan problematika implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Tulungagung, kurangnya buku panduan pelajaran dari pemerintah pusat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supriyusepa, Supriyusepasupriyusefa5@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Supriyusepa Supriyusepa
Date Deposited: 04 Aug 2017 02:44
Last Modified: 04 Aug 2017 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/18147

Actions (login required)

View Item View Item