Komunikasi interpersonal orangtua dalam membangun minat belajar anak di desa Bolo Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahdi, Muhammad Haidar (2017) Komunikasi interpersonal orangtua dalam membangun minat belajar anak di desa Bolo Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (769kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (983kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada skripsi ini persoalan yang akan dikaji mencakup satu rumusan masalah, yaitu : bagaimana komunikasi interpersonal orangtua dalam membangun minat belajar anak di desa Bolo Ujungpangkah Gresik? Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data pada penelitian ini yakni dengan malakukan reduksi data, display kemudian verifikasi agar relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk pesan orangtua yang disampaikan kepada anak dalam membangun minat belajar anak yakni pesan peringatan dan kepedulian yakni larangan bergaul sembarangan, kepedulian tentang kegiatan anak dalam atau diluar sekolah, pesan motivasi baik itu tentang gambaran masa depan dan juga pesan motivasi yang sifatnya mengingatkan bahwa didunia ini kita harus berusaha dalam memperbanyak ilmu, agar nantinya derajat kita bisa diangkat oleh Allah SWT. Selanjutnya ditemukan komunikasi langsung dan tak langsung yakni komunikasi tak langsung yang menggunakan media, komunikasi verbal dan non-verbal, komunikasi model dua tahap dan juga sifat teguran yang memiliki dua macam sifat yakni keras dan lembut. Simpulan bahwa komunikasi interpersonal orangtua dalam membangun minat belajar anak terdapat beberapa proses yang melibatkan beberapa orang yang berperan bagi peningkatan belajar anaknya. Beberapa isi pesan yang terkandung didalamnya yakni tentang larangan pergaulan, nasehat untuk giat belajar, motivasi yang bisa memberikan gambaran terhadap dunia masa depan, aturan disiplin waktu. Dan juga sifat komunikasi teguran yang bersifat keras sangat efektif untuk membuat anak lebih menurut terhadap orangtua.
Saran kepada : (1) Orangtua, lebih perhatian lagi terhadap anak, sering-sering memberikan motivasi yang kiranya dapat menumbuhkan minat belajar anak, berikan hukuman kepada anak ketika anak melakukan hal yang salah atau nakal. (2) Untuk peneliti selanjutnya, adanya penelitian lebih lanjut dengan metode yang sama terkait hal yang sama. (3) Kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSA diharapkan penelitian bisa dijadikan bahan untuk mengajar mahasiswa dan juga memberikan pengetahuan penelitian kualitatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahdi, Muhammad Haidarmahdihaidzar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi interpersonal; Minat belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mahdi Muhammad Haidar
Date Deposited: 10 Aug 2017 01:39
Last Modified: 10 Aug 2017 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19066

Actions (login required)

View Item View Item