Profil berpikir intuitif siswa SMA dalam memecahkan masalah teka-teki matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muiz, Abdul (2017) Profil berpikir intuitif siswa SMA dalam memecahkan masalah teka-teki matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) profil berpikir intuitif siswa SMA dalam memecahkan masalah teka-teki matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif, (2) profil berpikir intuitif siswa SMA dalam memecahkan masalah teka-teki matematika ditinjau dari gaya kognitif impulsif. Jenis intuisi yang digunakan adalah jenis intuisi menurut Fischbein. Kategori intuisi menurut Fischbein: (1) Intuisi Afirmatori; (2) Intuisi Antisipatori. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Sidoarjo kelas XI semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini sebanyak 4 orang yang terdiri dari 2 orang siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dan 2 orang siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif. Data penelitian ini berupa profil berpikir intuitif siswa dalam memecahkan masalah teka-teki matematika, dengan sumber data berasal dari hasil tes pemecahan masalah teka-teki matematika siswa dan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara berbasis tugas. Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes pemecahan masalah teka-teki matematika, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa profil intuisi siswa SMA dalam memecahkan masalah teka-teki matematika adalah sebagai berikut: (1) Intuisi yang digunakan subjek yang memiliki gaya kognitif reflektif dalam memecahakan masalah teka-teki matematika adalah intuisi afirmatori dengan indikator intuisi yang muncul adalah self evidence, intrinsic centainty, coerciveness, extrapolativeness, dan implicitness. Selain itu subjek yang memiliki gaya kognitif reflektif juga menggunakan intuisi antisipatori dengan indikator intuisi yang muncul adalah globality saja. (2) Intuisi yang digunakan subjek yang memiliki gaya kognitif impulsif dalam memecahakan masalah teka-teki matematika adalah intuisi afirmatori dengan indikator intuisi yang muncul adalah coerciveness, extrapolativeness, dan implicitness. Selain itu subjek yang memiliki gaya kognitif impulsif juga menggunakan intuisi antisipatori dengan indikator intuisi yang muncul adalah globality, namun salah satu subjek yang memiliki gaya kognitif impulsif juga memenuhi indikator perseverance.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muiz, Abdulabdulmuiz1006@gamil.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muiz Abdul
Date Deposited: 11 Aug 2017 02:02
Last Modified: 11 Aug 2017 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19114

Actions (login required)

View Item View Item