Komunikasi sosial Yayasan Gerakan Melukis Harapan dalam pemberdayaan masyarakat di kelurahan Putat Jaya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basri, Achmad Chabib Syaiful (2017) Komunikasi sosial Yayasan Gerakan Melukis Harapan dalam pemberdayaan masyarakat di kelurahan Putat Jaya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (351kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Dahulunya Putat Jaya merupakan letak dari kawasan prostitusi terbesar se-Asia Tenggara, dimana banyak masyarakat dengan segala macam profesi yang ada didalamnya menggantungkan hidup menjadikan kawasan tersebut sebagai ladang penghasilan mereka. Namun setelah Pemerintah Kota Surabaya menutup kawasan tersebut, berbagai permasalahan yang menyangkut ekonomi, kesehatan, sosial dan pendidikan muncul jika tidak ditangani dengan serius. Gerakan Melukis Harapan hadir mengawal rehabilitasi dan mencoba untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pasca penutupan lokalisasi. Peneliti terinspirasi dengan gerakan perubahan ini dan ingin mengetahui bagaimana komunikasi sosial antara anggota Gerakan Melukis Harapan dengan anggota binaan dalam pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Putat Jaya Surabaya. Untuk mengungkap persoalan secara menyeluruh dan mendalam, teori interaksi simbolik digunakan pada jenis penelitian kualitatif-deskriptif ini. Dimana teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Sementara untuk menegaskan keabsahan data maka dilakukan triangulasi dan penggalian data melalui referensi yang memadai. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Komunikasi sosial antara anggota Gerakan Melukis Harapan dengan anggota binaan antara lain seperti musyawarah, pelatihan dan pendampingan maupun kegiatan-kegiatan penunjang kebutuhan. Sehingga hubungan sosial diciptakan melalui serangkaian upaya pendekatan dan pendampingan lebih lanjut guna mengetahui apa yang warga butuhkan dan permasalahan yang terjadi diantara warga kelurahan Putat Jaya, serta integrasi sosial diwujudkan secara keseluruhan melalui pemberdayaan wanita harapan, peningkatan pendapatan ekonomi, bimbingan dibidang pendidikan, hingga kepedulian GMH tentang kesehatan anggota binaan. Temuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan kefahaman masyarakat mengenai peranan komunikasi sosial dalam ranah pemberdayaan yang dilakukan Gerakan Melukis Harapan. Serta penulis juga memberikan sedikit motivasi agar masyarakat kelurahan Putat Jaya yang belum terberdayakan agar ikut program pembinaan untuk mewujudkan integrasi secara keseluruhan dan mewujudkan Indonesia sejahtera dan bebas dari belenggu kemiskinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basri, Achmad Chabib Syaifulachmadhabib70@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi

Pemberdayaan
Keywords: Komunikasi sosial; pemberdayaan masyarakat; Gerakan Melukis Harapan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Basri Achmad Chabib Syaiful
Date Deposited: 11 Aug 2017 03:40
Last Modified: 11 Aug 2017 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19241

Actions (login required)

View Item View Item