Manajemen layanan perpustakaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vidiyawati, Henny (2017) Manajemen layanan perpustakaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan merupakan sumber belajar yang penting. Perpustakaan yang baik akan memberikan layanan prima kepada pemustaka, sehingga perlu di manajemen dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen layanan perpustakaan SMA NU 1 Gresik serta faktor pendukung dan penghambatnya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana manajemen layanan perpustakaan di SMA Nahdlatul Ulama’ 1 Gresik?, Dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan layanan perpustakaan di SMA NU 1 Gresik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data Peneliti menggunakan triangulasi berupa triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen layanan perpustakaan di SMA NU 1 Gresik dilakukan oleh kepala perpustakaan bersama para stafnya. Langkah yang dilakukan dengan merencanakan tujuan, pemberian nama Kebun Buku SMANUSA Library, sistem layanan menggunakan open acces, 8 jenis layanan, bedah buku, workhshop, E-Learning dan perpustakaan kelas. Selanjutnya pengorganisasian dilakukan oleh kepala perpustakaan bersama stafnya dan bekerja sama dengan wali kelas. Kemudian untuk menggerakkan SDM nya, pihak perpustakaan menggerakkan seluruh warga sekolah dan di pandu langsung oleh kepala perpustakaan. Untuk pengawasan dilakukan secara berjenjang yaitu diawasi oleh kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan wali kelas. Kemudian evaluasi dilakukan setiap akhir tahun ajaran yaitu selama 1 tahun sekali dengan melakukan pengecekan buku tamu, kotak kritik dan saran, daftar buku yang dipinjam selama 1 tahun, fasilitas dan SDM. 2) Faktor yang menjadi pendukung adalah kepala sekolah yang support juga fasilitas yang memadai. faktor penghambatnya adalah anggaran dana, SDM kurang kompeten, dan guru yang tidak satu tujuan. Meskipun demikian, pihak perpustakaan mempunyai solusinya, yaitu membuat proposal pengajuan dana, mengikutsertakan para staf untuk pelatihan dan melakukan sosialisasi kepada guru dan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vidiyawati, Hennyvidiyawati1994@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen; Layanan Perpustakaan; Kebun Buku SMANUSA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Vidiyawati Henny
Date Deposited: 15 Aug 2017 01:34
Last Modified: 15 Aug 2017 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19418

Actions (login required)

View Item View Item