Program peningkatan profesionalisme guru sesuai standar nasional pendidikan pada Madrasah Education Development Project (MEDP) di Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifulloh, Mohammad (2017) Program peningkatan profesionalisme guru sesuai standar nasional pendidikan pada Madrasah Education Development Project (MEDP) di Kabupaten Lamongan. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

Profesi guru memerlukan standar kualifikasi dan kompetensi, sebagaimana yang disyaratkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007. Proyek Madrasah Education Development Project (MEDP) bertujuan untuk meningkatkan akreditasi madrasah dan meningkatkan kualitas lulusan madrasah. Agar tujuan tersebut tercapai maka salah satu program dalam proyek MEDP adalah peningkatan profesionalisme guru sesuai dengan standar nasional pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi context (konteks), input (masukan), process (proses), product (produk), dan kelebihan serta kelemahan Program Peningkatan Profesionalisme Guru sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan di Kabupaten Lamongan. Agar tujuan penelitian dapat tercapai, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konteks profesionalisme guru di kabupaten Lamongan terkait dengan kondisi peningkatan profesionalisme guru di Indonesia secara umum, yang diorientasikan pada pengembangan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial, 2) input SDM guru di kabupaten Lamongan cukup memadai dengan indikasi mayoritas guru sudah berkualifikasi Sarjana (S-1), dalam perencanaan pelaksanaan program peningkatan profesionalisme guru dilakukan oleh panitia, serta guru menyambut proyek MEDP dengan penuh antusias, 3) proses program peningkatan profesionalisme guru dilakukan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan baik yang bersifat in house training maupun external house training, kendala yang dihadapi adalah kesulitan dalam penyesuaian waktu diklat karena guru tetap harus menjalankan kewajiban mengajar, 4) produk yang dihasikan dari program peningkatan profesionalisme guru berupa dokumen pengembangan kurikulum/silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengembangan media dan bahan ajar, dan pengembangan keterampilan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan 5) kelebihan program peningkatan profesionalisme guru sesuai standar nasional pendidikan pada proyek MEDP terletak pada aspek perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Sedangkan kelemahannya terletak pada aspek birokrasi pencairan dana, anggota panitia yang bekerja terbatas, alokasi waktu yang sempit dengan program kegiatan yang padat, latar belakang peserta yang beragam, dan ketidakfokusan dan kurang intensifnya materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifulloh, Mohammadafiz_1976@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Teachers Professionalism; National Education Standards; Madrasah Education Development Project
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: AFIFULLOH MOHAMMAD
Date Deposited: 15 Nov 2017 07:28
Last Modified: 15 Nov 2017 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19687

Actions (login required)

View Item View Item