Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah negeri 2 Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Ria (2017) Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah negeri 2 Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 2 Nganjuk. Latar belakang dari judul penelitian diawali dari dampak negatif yang diakibatkan oleh Globalisasi yang sangat memprihatinkan dan salah satu dampaknya merupakan kemajuan dalam bidang teknologi. Teknologi dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang usia maupun golongan, yang termasuk pula adalah para pelajar. Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam mencetak generasi yang mampu menghadapi dampak dari globalisasi. Pendidikan yang bermutu di dalam sekolah dapat tercapai melalui manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana keadaan mutu pendidikan di MAN 2 Nganjuk ? dan (2) Bagaimana manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Nganjuk? . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Mutu pendidikan di madrasah ini dalam bidang akademik diwujudkan dengan pembelajaran yang berkualitas; didukung dengan fasilitas belajar yang baik dan memadai ( Buku, LCD, Proyektor, Papan Tulis, Lab IPA, Lab Komputer, Lab Bahasa ); sarana prasarana yang memadai. Dan disediakannya kelas unggulan ( BCA, BCS dan Tahfidz ) bagi siswa-siswi yang memiliki kepandaian yang lebih dalam bidang IPA, IPS dan Tahfidz. Dalam meningkatkan mutu pendidikan, diawali dengan analisis lingkungan internal dan eksternal. Setelah melakukan analisis lingkungan internal dan ekternal kemudian perumusan strategi. Pada madrasah ini, peningkatan mutu pendidikan menggunakan strategi Total Quality Management ( TQM ). Impelementasi TQM diwujudkan dalam beberapa program peningkatan mutu pendidikan. Program peningkatan mutu pendidikan di madrasah ini diantaranya program dalam bidang kurikulum, program dalam bidang kesiswaan, program dalam bidang kehumasan, program dalam bidang meningkatan mutu guru. Setelah melaksanakan program selanjutnya madrasah melakukan evaluasi. Evaluasi yang digunakan madarasah adalah menggunakan Evaluasi Diri Madrasah ( EDM ). EDM dilaksanakan oleh tim khusus yang dipilih oleh madrasah. Tim ini akan diberikan pelatihan kemudian akan menyusun instrumen untuk mengetahui tingkat keberhasilan strategi peningkatan mutu di madrasah dan kemudian akan dilanjutkan dengan perbaikan secara berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Riariaistiqomah42@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Keywords: Manajemen strategik; mutu pendidikan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Istiqomah Ria
Date Deposited: 16 Aug 2017 06:39
Last Modified: 16 Aug 2017 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19698

Actions (login required)

View Item View Item