Penerapan sistem layanan perpustakaan sekolah berbasis komputer di SMP Negeri 4 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa’, Khoirun (2012) Penerapan sistem layanan perpustakaan sekolah berbasis komputer di SMP Negeri 4 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20314

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Menguraikan tentang keadaan obyektif perpustakaan di SMP Negeri 4 Surabaya, (2) Memaparkan tentang penerapan system layanan perpustakaan sekolah berbasis computer di SMP Negeri 4 Surabaya, (3) Mengetahui factor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan system layanan perpustakaan sekolah berbasis computer di SMP Negeri 4 Surabaya. Oleh karena itu penelitian ini difokuskan pada (1) Bagaimana keadaan obyektif perpustakaan di SMP Negeri 4 Surabaya, (2) Bagaimana penerapan system layanan perpustakaan sekolah berbasis computer di SMP Negeri 4 Surabaya, (3) Apa saja factor pendukung dan penghabat dari penerapan system layanan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 4 Surabaya. Untuk menguraikan tentang fokus masalah di atas, penelitian ini dirancang dengan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, antara lain: (1) Observasi, (2) Interview, (3) Dokumentasi .. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Perpustakaan SMP Negeri 4 Surabaya memiliki kondisi gedung dan ruangan yang kondusif dan ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai sehingga memberi kenyamanan pada pengunjung perpustakaan. Urusan administratif perpustakaan pun telah terorganisir dengan baik sehingga sangat teratur dan akuntabel. Layanan perpustakaan SMP Negeri 4 Surabaya meliputi layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan minat baca dan bimbingan pemustaka. System layanan di perpustakaan SMP Negeri 4 Surabaya bersifat open access, terotomasi, serta tambahan manual untuk katalogisasi. Kedua, penerapan layanan system layanan perpustakaan sekolah berbasis computer di SMP negeri 4 Suarabaya meliputi bidang sirkulasi, administrasi, dan system penelusuran catalog bahan pustaka yaitu OPAC. Di samping itu juga terdapat Digital library sebagai penunujang pembelajaran. Semua kegiatan dikerjakan dengan bantuan computer. Untuk sirkulasi menggunakan barcode pada buku dan ID anggota, pencatatan data administratif perpustakaan juga dalam format softfile yang disimpan dalam sebuah database, system penelusuran catalog koleksi perpustakaan lebih cepat karena menggunakan OPAC, selain itu untuk mencari lokasi dan data tentang bahan pustaka dapat langsung mengetik judul buku atau barcode buku pada computer perpustakaan. Ketiga, Faktor pendukung dari penerapan layanan perpustakaan berbasis computer di perpustakaan SMP Negeri 4 Surabaya adalah ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, kesadaran pihak sekolah akan pentingnya aplikasi teknologi komunikasi dan informasi dalam pengembangan perpustakaan, ketersediaan dalam hal pendanaan, serta kemudahan dalam mendapatkan dan pengoperasian software.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa’, Khoirun--UNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Perpustakaan
Keywords: Sistem layanan berbasis komputer; perpustakaan sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2017 08:59
Last Modified: 08 Dec 2017 16:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20314

Actions (login required)

View Item View Item