Pengaruh penerapan metode pembelajaran at-tartil terhadap prestasi belajar santri dalam baca tulis al-Qur'an di TPQ al­Marwah tahun ajaran 2011/2012 Desa Ketapang Kec.Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhizah, Qismatun (2012) Pengaruh penerapan metode pembelajaran at-tartil terhadap prestasi belajar santri dalam baca tulis al-Qur'an di TPQ al­Marwah tahun ajaran 2011/2012 Desa Ketapang Kec.Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (580kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Metode Pembelajaran At-Tartil adalah suatu metode pembe lajaran Al­ Qur'an yang disusun oleh Lembaga Pendidikan Ma'arif Cabang Sidoarjo dengan tujuan untuk memberantas buta huruf Al-Qur 'an dengan proses pembelajarannya yang mengaktifkan peserta didik dalam membaca Al-Qur'an dengan pelan dan jelas disertai dengan lagu-lagu tartil dan disesuaikan dengan kaidah-kaidah Ilmu Tajwid. Sedangkan presta si belajar adalah perubahan kelakuan baik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam skripsi ini yang berjudul "Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran At-Tartil Terhadap Prestasi Belajar Santri dalam Baca Tulis Al-Qur'an di TPQ Al­ Marwab Desa Ketapang Kee. Tanggulangin Sidoarjo" penulis menggunakan tiga rumu san masalah yaitu: Bagaimana penerapan metode pembelajaran At-Tartil di TPQ Al-Marwah Tabun Ajaran 2011/2012 Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo 2. Bagaimanakab prestasi santri dalam baca tulis Al-Qur'an di TPQ Al­ MarwahTahun Ajaran 2011/2012 Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. 3. Adaka h pengaruh penerapan Metode pembelajaran At-Tartil terhadap prestasi belajar santri dalam baca tulis Al-Qur 'an di TPQ Al-Marwab Tabun Ajaran 2011/2012 Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Untuk memperoleb data penulis menggunakan beberapa metode antara lain: observasi , interview, angket, pre test dan post test ( dalam bentuk tes lisan ). Adapun untuk menjawab rumusan masalah pertama menggunakan rumus prosentase , rumusan ke dua dengan menggunakan data nilai raport, sedangkan untuk menjawab rumusan ketiga penulis menggunakan rumu s uji t test. Berdasarkan basil dari penyajian data dan analisis data diperoleb babwasannya tergolong baik. Hal ini terbukti berdasarkan analisis melalui perbandingan nilai pre test dan post test yang mengalami perubahan significant. Adapun prestasi belajar santri dalam baca tulis Al-Qur'an jilid VI di TPQ Al-Marwab Desa Ketapang Kee. Tanggulangin Sidoarjo, terkriteria sangat baik ju ga. Hal ini terbukti berdasarkan analisis basil uji t yang menghasilkan fw11118 sebesar 132,9. Dan apabila t,,11, dikonsultasikan dengan t ber dengan dk sebesar 46 pada taraf signifikasi 1 % = 2,704 atau 5 % = 2,423 berarti t,,;,1118 >t her> maka konsekuensinya (Ha) diterima dan (Ho)ditolak. Jadi kesimpulannya adalab Ada Pengaruh Penerapan metode Pembelajaran At-Tartil Terhadap Prestasi Belajar Santri dalam Baca Tulis Al-Qur 'an di TPQ A l­ Marwah Tabun Ajaran 2011/2012 Desa Ketapang Kee. Tanggulangin Sidoarjo yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhizah, QismatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode pembelajaran at-tartil; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:00
Last Modified: 27 Sep 2017 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20378

Actions (login required)

View Item View Item