Peranan bimbingan dan konseling terhadap kemampuan menyesuaikan diri siswa Maladjustment di Madrasah Aliyah Al Muslihun Tlogo Kanigoro Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musrifah S., Nur (2009) Peranan bimbingan dan konseling terhadap kemampuan menyesuaikan diri siswa Maladjustment di Madrasah Aliyah Al Muslihun Tlogo Kanigoro Blitar. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (631kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20883

Abstract

Peran sekolah mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan anak, moral, karena pada hakikatnya sekolah merupakan tempat kedua setelah kleluarga yang tidak jauh berbeda kedudukannya yakni sebagai tempat berlindung dijenjang pendidikan. Dalam membantu memecahkan permasalahan yang dialami oleh anak didik maka diperlukannya seseorang yang dapat membantunya. Hal ini menuntut penyelenggara pendidikan untuk menghadirkan adanya guru bmbingan dan konseling disekolah. Dengan adanya kehadiran guru bimbingan dan konseling, dapat dipecahkan karena begitu komplainnya permasalahan yang dihadapi salah satunya permasalahan penyesuaian diri karena penyesuaian diri sangatlah dibutuhkan didalam mencapai hubungan seperti yang diharapkan maka anak didik atau siswa ditunut untuk mampu menyesuaiakn diri di lingkungannya, sedangkan bila tidak mampu untuk melakukan penyesuaian diri maka disebut maladjustment. Berdasarkan uraian diatas maka dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut : 1. Bagaimana peranan bimbingan dan konseling di MA Al-Muslihun? 2. Bagaimana kemampuan menyesuaikan diri siswa Maladjustment di MA Al-Muslihun? 3. Bagaimana peranan bimbingan dan konseling terhadap kemampuan menyesuaikan diri siswa maladjustment MA Al-Muslihun? Tujuan dari penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: 1.Untuk mengetahui adakah peranan bimbingan dan konseling MA Al-Muslihun. 2. Untuk mengetahui kemampuan menyesuaikan diri siswa maladjustment MA Al-Muslihun. 3. Untuk mengetahui bagaimana peranan bimbingan dan konseling terhadap kemampuan menyesuaikan diri siswa maladjustment MA Al-Muslihun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan suatu kejadian. Data penelitian diambil dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dipaparkan sebagai berikut: adanya peran BK MA Al- Muslihun secra preventif melalui program secara umum dan khusus selain itu secara kuratif didalamnya juga terdapat program secara umum dan khusus. Dengan adanya peran BK MA Al-Muslihun siswa yang mengalami maladjustment hanya dalam tingkat ringan, dan sedang sehingga mampu untuk menyesuaiakn diri baik dikeluarga, sekolah, dan masyarakat. Adapun tingkat maladjustment yang berat tidak terdapat MA Al-Muslihun. Adapun yang menjadi kesimpulan dari penelitian ini adalah yang dimaksud dengan peran BK ialah perbuatan, tingkah laku atau kegiatan yang diberikan oleh petugas BK kepada individu atau kelompok yang berupa bantuan atau pertolongan dalam usaha menyesuaikan diri dengan lingkungannya yakni sekolah masyarakat keluarga dengan baik. Penyesuaian diri yang dimaksud adalah penyesuaian diri terhadap masalah-masalah yang dihadapi individu dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekolah lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga. Yang dimaksud maladjustment disini adalah tekanan kejiwaan, gejala kejiwaan yang timbul karena ketidak mampuan individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Adapun peran BK dalam membantu kemampuan menyesuaikan diri siswa maladjustment adalah berupa bentuk bantuan, bimbingan, perhatian, saran, motivasi, dorongan, dan dukungan terhadap siswa yang mengalami maladjustment ringan dan mengalami meladjusment sedang sehingga siswa tersebut mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musrifah S., Nur--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan konseling; kemampuan menyesuaikan diri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2017 06:10
Last Modified: 01 Nov 2018 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20883

Actions (login required)

View Item View Item