Pengaruh kreatifitas guru Agama dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Porong Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftachul Nur (2012) Pengaruh kreatifitas guru Agama dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Porong Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (874kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB)

Abstract

Kenyataan dilapangan banyak dijumpai siswa sering merasa bosan clan siswa cenderung pasif mendengaran uraian dari guru karena penyampaian materi pelajaran yang kurang menarik dan kurangnya komunikasi antara guru dan siswa dalam pelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya motivasi belajar siswa Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti dan mengkaji lebih dalam terhadap pennasalahan tersebut clan dituangkan dalam bentuk skripsi yang berjudul "Pengaruh Kreativitas Guru Agama dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Porong Sidoarjo". Adapun permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru agama pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Negeri 1 Porong Sidoarjo, bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Porong Sidoarjo, dan bagaimana pengaruh kreativitas guru agama dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Porong Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vll SMP Negeri 1 Porong Sidoarjo yang berjumlah 287 siswa dari 8 kelas. Dan jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti mengambil 10% sehingga diperoleh 28 siswa. Adapun metode yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara clan angket. Kemudian hasil dari angket dianalisis dengan product moment yang meliputi uji t dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil analisis penelitian, diketahui bahwa besarnya rxy (yaitu = 0, 6159), yang berkisar antara 0,40 - 0,70 berarti terdapat kolerasi positif antara variabel X clan variabel Y clan itu termasuk kolerasi positif yang sedang atau cukup. Dan harga t hitung (3,985) selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel. Untuk kesalahan 5% uji dua fihak dan dk = n - 2 = 28 - 2 = 26, maka diperoleh t tabel = 2,056. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan variable kreativitas guru agama (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Kata kunci: Kreativitas Guru Agama, Pendidikan Agama Islam (PAI), Motivasi Belajar Siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Miftachul NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kreativitas guru Agama; pembelajaran PAI; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2017 07:54
Last Modified: 07 Nov 2017 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21022

Actions (login required)

View Item View Item