Pengaruh penerapan strategi Quantum Quotient pada mata pelajaran al Islam aspek Aqidah Akhlaq terhadap upaya pembentukan moral siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badriyah, Luluk (2012) Pengaruh penerapan strategi Quantum Quotient pada mata pelajaran al Islam aspek Aqidah Akhlaq terhadap upaya pembentukan moral siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (946kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21111

Abstract

Setiap proses pembelajaran di perlukan adanya rancangan strategi pembelajaran yang mampu memotivasi peserta didik untuk aktif, kreatif serta menyenangkan dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki, di mana proses pembelajaran tersebut dirancang sedemikian rupa demi mencapai tujuan pembelajaran, yakni menanamkan norma-norma religius pada diri siswa. Upaya inilah yang senantiasa diupayakan oleh Tim Guru Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. dan upaya tersebut diwujudkan dengan menerapkan Strategi QUANTUM QUOTIENT (kecerdasan Quantum). Strategi inilah yang selanjutnya akan diteliti oleh penulis dalam skripsinya yang berjudul "Hubungan antara Penerapan Strategi Quantum Quotient pada Mata Pelajaran Al-Islam Aspek Aqidah-Akhlaq terhadap Upaya Pembentukan Moral Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran bidang study Al-Islam dalam membentuk moral siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan pengumpulkan data-data melalu cara observasi, wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara penerapan strategi Quantum Quotient pada mata pelajaran Al-Islam aspek aqidah­ Akhlaq terhadap upaya pembentukan moral siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Hubungan tersebut dapat dilihat dari basil analisis persamaan regresi linier yakni sebesar 0,68. Pada basil pengujian hipotesis, diperoleh sebesar tabel nilai "r"product moment dengan n = 80, diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% adalah 0,217, sedangkan pada taraf signifikan 1% adalah 0,283. Hasil tersebut menunjukkanbahwa Thitung > r table (0,217 < 0,630 > 0,283) dan fhitung berada pada daerah penolakan Ho sehingga Ha diterima. Sedangkan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,40 - 0,70 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Quantum Quotient pada mata pelajaran Al­ Islam aspek aqidah-Akhlaq mempunyai pengaruh yang cukup terhadap pembentukan moral siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain, terutama mengenai variasi-variasi baru strategi pembelajaran Al-Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badriyah, Luluk--UNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Quantum Quotient; al Islam; Aqidah Akhlaq; moral siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2017 07:55
Last Modified: 01 Nov 2018 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21111

Actions (login required)

View Item View Item