Profil kemampuan argumentasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari aktualisasi diri siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirun (2017) Profil kemampuan argumentasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari aktualisasi diri siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Kemampuan argumentasi merupakan bagian yang penting dari kemampuan matematis yang perlu dimiliki siswa karena pada kemampuan ini siswa mengemukakan suatu alasan disertai dengan data dan dukungan teori yang memadai dari suatu masalah matematis, sehingga akan memberikan pemahaman yang benar terhadap konsep–konsep matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan argumentasi tulis siswa yang memiliki aktualisasi diri tinggi, sedang dan rendah. Komponen argumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen argumentasi McNeill dan Krajcik yang terdiri dari 4 komponen antara lain: claim, evidence, reasoning, dan rebuttal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Surabaya kelas IX A, kemudian dipilih subjek penelitian yang terdiri dari 6 siswa masing-masing 2 siswa yang memiliki aktualisasi diri tinggi, sedang dan rendah. Untuk menentukan subjek penelitian, semua siswa kelas IX A diberi angket aktualisasi diri yang diadopsi dari tes brief index of self actualization oleh John Sumerlin dan Charles Bundrick. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan argumentasi dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator kemampuan argumentasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki aktualisasi diri tinggi dapat memberikan claim yang akurat, mampu menyediakan evidence yang sesuai dan cukup untuk mendukung claim, mampu memberikan alasan yang dapat menghubungkan claim dan evidence, dan mampu mengetahui alternatif jawaban lain (rebuttal). Subjek yang memiliki aktualisasi diri sedang memberikan claim secara singkat dan tepat, mampu memberikan bukti atau evidence yang tepat. Tetapi beberapa bukti tersebut kurang lengkap, menyediakan reasoning yang menghubungkan claim dan evidence namun beberapa diantaranya kurang lengkap, dan mampu mengetahui alternatif jawaban lain (rebuttal). Subjek yang memiliki aktualisasi diri rendah memberikan claim secara lengkap dan tepat, memberikan bukti (evidence) yang kurang lengkap dan tidak cukup untuk mendukung claim, menyediakan reasoning kurang lengkap dan kurang bisa menghubungkan antara claim dan evidence, dan tidak mampu memberikan alternatif lain (rebuttal).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', KhoirunKhoirunnisa457@gmail.c0mUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan; Argumentasi; aktualisasi diri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nisa' Khoirun
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:36
Last Modified: 14 Nov 2017 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21287

Actions (login required)

View Item View Item