HUBUNGAN PENERAPAN BUKU SYARAT-SYARAT KECAKAPAN UMUM (SKU) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANGGOTA PRAMUKA DI SMP HASJIM ASJ’ARI KEPADANGAN TULANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa’diyah, Umi Halimatus (2015) HUBUNGAN PENERAPAN BUKU SYARAT-SYARAT KECAKAPAN UMUM (SKU) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANGGOTA PRAMUKA DI SMP HASJIM ASJ’ARI KEPADANGAN TULANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Karakter lebih dekat dengan akhlak, yaitu spontanitas manusia dalam bersikap atau melakukan perbuatan yang telah menyatu dalam diri manusia sehingga ketika muncul tidak perlu dipikirkan lagi. Pada kenyataannya ketika berada di lapangan ada beberapa anak yang sudah menyelesaikan buku SKU mereka mempunyai karakter yang lebih dari anak yang tidak atau belum menyelesaikan pengisian SKU. Dari sini saya ingin mengetahui apakah ada hubungannya antara anak yang tidak menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU) dengan anak yang sudah menyelesaikan dan menerapkan buku syarat-syarat kecakapan umum (SKU) dalam keseharian terhadap pembentukan karakternya. Dari sinilah penulis akan mengadakan penelitian dengan judul “Hubungan Penerapan Buku Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Terhadap Pembentukan Karakter Anggota Pramuka di SMP Hasj’im Asj’ari Kepadangan-Tulangan-Sidoarjo.” Adapun rumusan masalah yang dikemukakan sebagai berikut: (1) Bagaimana karakter usia anak golongan penggalang? (2) Bagaimana cara pembina menerapkan buku SKU (syarat-syarat kecakapan umum) terhadap pembentukan karakter? (3) Adakah hubungan penerapan buku SKU (syarat-syarat kecakapan umum) terhadap pembentukan karakter anggota pramuka? Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut peneliti melakukan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data-data yang berupa angka-angka statistik yang di pergunakan untuk menunjukkan semua kenyataan di lapangan yang di harapkan dapat memperoleh prosentase untuk disesuaikan dengan permasalahan yang ada dengan menggunakan rumus Product Moment. Berdasarkan permasalahan diatas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa Antara penerapan buku SKU terhadap pembentukan karakter anggota pramuka di SMP Hasjim asj’ari mempunyai hubungan, hal tersebut sesuai dengan data yang ada dan juga sesuai dengan analisis yang menggunakan korelasi Product Moment, yakni bahwa tolak Ho dan terima Ha, karena rhitung > rtabel baik yang menggunakan alpha 5% ataupun 1%. Untuk alpha 5% yaitu 0,980 > 0,374 dan untuk alpha 1% yaitu 0,980 > 0,478. Keduanya mempunyai arti yakni adanya hubungan antara penerapan buku SKU terhadap pembentukan karakter anggota pramuka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dr.H.Abdul Kadir,MA
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa’diyah, Umi HalimatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pembentukan Karakter; Buku Syarat-syarat Kecakapan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 274 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2015 07:30
Last Modified: 14 Aug 2015 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item View Item