IMPLEMENTASI TERAPI RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR DALAM MENANGANI GANGGUAN MOOD PADA SISWA ” X” DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA HANGTUAH 1 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferdiana, Yunifa Dwi (2015) IMPLEMENTASI TERAPI RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR DALAM MENANGANI GANGGUAN MOOD PADA SISWA ” X” DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA HANGTUAH 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan gangguan mood adalah suatu tipe gangguan yang ditandai dengan gangguan pada mood, berlangsung lama, dan menghambat fungsi sehari hari. Hal itu terjad ipada diri siswa “X” disebabkan oleh pola pikirnya irrasional yaitu dia berpandangan bahwa semua orang tidak bisa dipercaya, semua orang akan mengkhianatinya sama seperti ayahnya. Sehingga siswa “X” mengalami perubahan mood yang berulang-ulang dalam jangka waktu yang tidak bisa diperkirakan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini tentang bagaimana identifikasi kasus siswa “X” yang mengalami gangguan mood di SMP Hangtuah I Surabaya, bagaimana diagnosis dan prognosis pada siswa “X” yang mengalami gangguan mood di SMP Hangtuah I Surabaya.Bagaimana langkah treatment terapi rasional emotif behaviour dalam menangani gangguan mood di SMP Hangtuah I Surabaya, dan bagaimana hasil serta follow up padasiswa “X” tersebut.
Jenis penelitian ini dikategorikan penelitian deskriptif, kualitatif.Adapun informan penelitian adalah konselor, konseli, temankonseli, orang tua konseli.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data danverivikasi.
Kondisi siswa “X” yang mengalami gangguan mood berpengaruh pada kondisi psikisnya dan hubungan sosialnya hingga menghambat kehidupan sehari-hari dan aktivitas belajarnya di sekolah. Pelaksanaan terapi rasional emotif behaviour dilakukan melalui tiga teknik.Yaitu, kognitif, afektif dan behaviouristik.Hasil pelaksanaan terapi rasional emotif behaviour dalam menangani gangguan mood siswa dapat dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dari perubahan perilaku positif yang nampak pada diri siswa tersebut

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Masyhudi Ahmad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferdiana, Yunifa DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Keywords: Terapi Rasional Emotif Behaviour; Gangguan Mood
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2015 04:17
Last Modified: 19 Oct 2015 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item