This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sa’adah, Evita (2015) PENERAPAN EVALUASI FORMATIF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO (YAPALIS). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Salah satu bukti kinerja guru dikatakan meningkat apabila ia senantiasa mencari-cari kekurangan yang ada dalam setiap proses pembelajaran. Bagaimana guru bisa mengetahui kekurangan yang ada? yaitu dengan cara melakukan evaluasi formatif. Dengan melakukan evaluasi formatif guru tidak hanya mengetahui tingkat kemampuan siswa. Namun, akan terlihat juga hasil dari kerja guru yang bersangkutan.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui : pertama, bagaimana penerapan evaluasi formatif yang dilakukan guru PAI di SMA Al-Islam Krian Kedua, bagaimana kinerja guru PAI di SMA Al-Islam Krian? Ketiga, Apakah penerapan evaluasi formatif dapat meningkatkan kinerja guru PAI di SMA Al-Islam Krian?
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sedangkan metode pengumpulan data bersifat kualitatif. Dalam menjawab permasalahan di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau naturalistik, yaitu penelitian yang digunakan dengan situsi yang wajar (natural setting) dengan tekhnik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman.
Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan evaluasi formatif dalam upaya meningkatkan kinerja guru sudah bagus karena ulangan harian atau evaluasi formatif PAI dilaksanakan pada akhir kegiatan pembelajaran atau setiap satu bab selesai. Dalam melaksanakan evaluasi formatif guru membuat perencanaan dalam bentuk kisi-kisi dan markah sebagai pedoman penyekoran. Ada tiga tekhnik yang digunakan yaitu tes tertulis, lisan, dan praktik. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru tidak hanya menggunakan hasil evaluasi formatif untuk menyusun laporan. Akan tetapi, hasil evaluasi formatif digunakan sebagai feed back (catu balik) kepada guru untuk mengadakan evaluasi diri, perbaikan sistem pembelajaran dari waktu ke waktu. Seperti pengayaan materi, memberikan bimbingan praktik, termasuk melakukan perbaikan metode dan media pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Sutikno | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru | ||||||
Keywords: | Evaluasi Formatif; Kinerja Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2015 07:51 | ||||||
Last Modified: | 23 Oct 2015 07:51 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2416 |
Actions (login required)
View Item |