Peran RH. Moeljadi dalam kepemimpinan Muhammadiyah Lamongan tahun 1967-1976

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arsyad, Yusron (2017) Peran RH. Moeljadi dalam kepemimpinan Muhammadiyah Lamongan tahun 1967-1976. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yusron Arsyad_A72213147.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana biografi RH. Moeljadi? (2) bagaiman sejarah dan perkembangan Muhammadiyah Lamongan? (3) Bagaimana kontribusi RH. Moeljadi dalam kepemimpinan Muhammadiyah Lamongan?. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan pendekatan historis yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Adapun metode penulisan sejarah yang digunakan penulis adalah dengan mengunakan beberapa langkah yaitu metode historis, dengan mengumpulkan arsip-arsip yang terkait dengan pembahasan yang ditujukan, verifikasi (kritik terhadap sumber), penafsiran serta bagaiman cara penulisan sejaranya. Teori yang diambil dari penelitian ini adalah teori kepemimpinan kharismatik dari Max Weber yaitu peoses mempengaruhi aktifitas yang diorganisir dalam suatu kelompok atau usahanya untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menyipulkan bahwa (1) RH. Moeljadi lahir pada tanggal 21 Juni Tahun 1921 di Desa Bedingin Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan. beliau meninggal pada tanggal 22 Oktober 2004, jenazah dikebumikan di Malang (2) Sejarah berdirinya Muhammadiyah Lamongan pada tahun 1967 setelah memisahkan diri dari Pengurus Muhammadiyah Daerah Gresik dan Bojonegoro (3) Kontribusi dalam organisasi beliau menjabat sebagai ketua PDM Lamongan dan membuat PDM Lamongan memisahkan diri dari PDM Gresik dan Bojonegoro, dalam pendidikan RH. Moeljadi mendirikan asrama dan beberapa sekolahan baik di ranting maupun cabang Muhammadiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arsyad, Yusronyusronarsyad@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Muhammadiyah
Sejarah
Kepemimpinan
Keywords: RH. Moeljadi; kepemimpinan Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Arsyad Yusron
Date Deposited: 14 May 2018 08:41
Last Modified: 14 May 2018 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25079

Actions (login required)

View Item View Item