Strategi pengembangan program kerja dalam menunjang dakwah Islamiyyah di Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wachdatus, Sholichah (2018) Strategi pengembangan program kerja dalam menunjang dakwah Islamiyyah di Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wachdatus Sholichah_B74214052.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada satu rumusan masalah, yaitu bagaimana strategi pengembangan program kerja dalam menunjang dakwah Islamiyah di Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya?. Untuk menjawab tersebut penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini ketua masjid, ketua yayasan, dan pengurus harian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis kualitatif grounded theory menurut Jhon W. Cresweel dengan beberapa tahapan, yaitu Deskripsi secara detail, coding, kategorisasi, dan analisis atau penafsiran. Dalam penelitian ini, penulisis berusaha untuk mengetahui strategi pengembangan program kerja dalam menunjang dakwah Islam di Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya. Peneliti menggunakan beberapa teori yang berkaitan dengan permasalahan tersebut, yaitu teori program kerja oleh Ruky, dan teori manajemen strategis oleh Yusanto dan Widjajakusuma. Hasil temuan dari penelitian ini adalah Masjid Cheng Hoo Surabaya melakukan pengembangan program kerja melalui empat tahapan langkah strategis. Yaitu tahap analisis lingkungan, tahap perumusan strategi, tahap implementasi strategi, dan tahap evaluasi dan pengendalian strategi. Program kerja yang dikembangkan adalah Kuliah subuh dan Pengajian M7, tabligh akbar dan dzikir bersama dua bulan sekali, Merayakan Imlek dengan mengundang anak yatim dan dluafa, Bulan puasa ramadlan “Menjemput Lailatul Qadar di Masjid Cheng Hoo Surabaya, Pembinaan Muallaf, Peringatan hari besar Islam, perayaan Idul Fitri dan Idul Adha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wachdatus, Sholichahwachda12sholich@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi Pengembangan, Program Kerja, dan Dakwah Islam.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sholichah Wachdatus
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:06
Last Modified: 10 Aug 2018 06:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26915

Actions (login required)

View Item View Item