KEADILAN BISNIS WARALABA DI TENGAH MASYARAKAT PEDAGANG KELONTONG KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI : STUDI KASUS INDOMARET DAN ALFAMART

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hertawati, Kurnia (2015) KEADILAN BISNIS WARALABA DI TENGAH MASYARAKAT PEDAGANG KELONTONG KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI : STUDI KASUS INDOMARET DAN ALFAMART. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Skripsi yang berjudul” Keadilan Bisnis Waralaba di Tengah Masyarakat Pedagang Kelontong di Kecamatan Pesantren Kota Kediri (Studi Kasus Indomaret dan Alfamart)”ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana prinsip-prinsip keadilan
bisnis yang diterapkan oleh waralaba di Kecamatan Pesantren Kota Kediri dan bagaimana konstruksi keadilan bisnis waralaba terhadap bisnis kelontong di Kecamatan Pesantren Kota Kediri.
Data penelitian terhimpun dari wawancara secara langsung dengan pedagang kelontong dan karyawan waralaba yang berada di Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat.
Selanjutnya, penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif analistis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persaingan usaha yang dibangun antara dua gerai waralaba, yakni Indomaret dan Alfamart di Kecamatan Pesantren Kota Kediri meliputi dari segi jarak, harga, pelayanan, dan jam operasi sudah sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan berbisnis. Serta konstruksi keadilan
bisnis waralaba Indomaret dan Alfamart terhadap pedagang kelontong di Kecamatan Pesantren Kota Kediri dalam kenyataannya belum mampu diterapkan dikarenakan belum ada sanksi tegas dari pemerintah bagi para pelaku yang tidak melaksanakan peraturan perundang-undangan sehingga berdampak pada menurunnya pendapatan pedagang kelontong dari 100% turun menjadi 50%.
Hendaknya pihak-pihak pihak Indomaret dan Alfamart ketika mendirikan usaha tersebut melihat lokasi usahanya diharapkan tidak mengganggu para pedagang kecil/kelontong yang berada di sekitarnya sehingga tidak sesuai dengan
teori keadilan dalam ekonomi Islam dan bagi pedagang kecil atau kelontong harusnya lebih disiplin dan memperbaiki pelayanan dalam menjalankan usahanya sehingga mampu bersaing dalam berbisnis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hertawati, KurniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Bisnis Waralaba; Pedagang Kelontong; Kota Kediri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:18
Last Modified: 22 Jan 2016 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2728

Actions (login required)

View Item View Item