PENENTUAN HARGA JUAL, EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PRODUKSI SERTA PEMASARAN PRODUK POLYALUMUNIUM CHLORIDE (PAC) PADA CV. MLS ENGINEERING KAB. MOJOKERTO DALAM PERSPEKTIF ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashari, Taofik (2015) PENENTUAN HARGA JUAL, EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PRODUKSI SERTA PEMASARAN PRODUK POLYALUMUNIUM CHLORIDE (PAC) PADA CV. MLS ENGINEERING KAB. MOJOKERTO DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

CV. MLS Engineering merupakan perusahaan yang sedang mengalami stagnasi penjualan dan keuntungan selama beberapa tahun terakhir. Kegiatan utama yang dilakukan CV. MLS Engineering adalah mengubah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi. Bahan baku disupply oleh perusahaan-perusahaan besar. CV. MLS Engineering mengolah bahan baku (bahan kimia dasar) yang masih murni menjadi bahan siap pakai yang kadar / konsentrasinya sesuai untuk kebutuhan masing-masing customers. Product unggulan dari CV. MLS Engineering adalah Polyalumunium Chloride (PAC) yang kapasitas produksinya dalam sebulan mencapai maximal 15 ton/bulan. Produk inilah yang nantinya akan ditelaah lebih mendalam bagaimana menentukan harga jual ekonomis beserta efektifitas dan efisiensi produksinya dengan tujuan untuk mengetahui solusi atas stagnasi penjualan dan omset yang dialami oleh CV. MLS Engineering. Penentuan harga jual ekonomis menggunakan metode full costing. Analisa penentuan harga jual memperhatikan hukum-hukum Islam. Sedangkan untuk perhitungan efektifitas memperhatikan rasio biaya operasional dengan pendapatan operasional, telaahan efisiensi produksi dilakukan pada tenaga kerja dan mesin. Analisa strategi pemasaran dilakukan bersadarkan prinsip bauran pemasaran yang meliputi produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat (place), dan orang (people). Dari penelitian ini didapatkan harga jual ekonomis sebesar Rp. 4.900,-. Efektifitas produksi sebesar 63 %. Kapasitas efektif sebesar tenaga kerja 52,41 ton/bulan (efisiensi 17,332%) sedangkan kapasitas efektif mixing machine sebesar 10,29 ton/bulan (efisiensi 88,294%). Selain itu didapatkan adanya pemasaran di CV. MLS Engineering yang kurang massif sehingga perlu diotimalkan pemasarannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Djoko Subagyo
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashari, TaofikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Harga Jual; Pemasaran; PAC;
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2016 08:21
Last Modified: 08 Jan 2016 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item