Analisis hukum Islam terhadap proses penyelesaian komplain pembeli di fitur pusat resolusi Tokopedia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najah, Safinatun (2019) Analisis hukum Islam terhadap proses penyelesaian komplain pembeli di fitur pusat resolusi Tokopedia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safinatun Najah_C92215186.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Proses Penyelesaian Komplain Pembeli di Fitur Pusat Resolusi Tokopedia” adalah merupakan hasil penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana proses penyelesaian komplain pembeli di fitur pusat resolusi Tokopedia serta bagaimana analisis hukum Islam terhadap proses penyelesaian komplain di fitur pusat resolusi Tokopedia. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen dan selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan teknik deskriptif analitis. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pola berfikir induktif. Penelitian menghasilkan sebuah kesimpulan yang pertama, Tokopedia membantu menyelesaikan komplain pembeli dengan memberikan solusi sesuai dengan jalannya proses diskusi antara penjual dan pembeli. Pembeli harus memberikan bukti bahwa terjadi masalah terhadap barang pesanan pembeli. Selama berjalannya diskusi di pusat resolusi Tokopedia, penjual dan pembeli diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat sebebas-bebasnya. Tokopedia akan melakukan pengecekan terhadap bukti-bukti yang telah diberikan penjual atau pembeli selama berlangsungnya diskusi. Tokopedia akan memberikan keputusan solusi dari komplain pembeli yang didasarkan pada hasil pengecekan terhadap bukti-bukti yang ada dan sesuai dengan jalannya diskusi. Kesimpulan yang kedua, menurut hukum Islam pembelian barang di Tokopedia termasuk akad salam. Adapun di dalam akad salam tersebut terdapat dua macam khiyar yaitu khiyar aib dan khiyar ru’yah. Kemudian proses penyelesaian komplain pembeli di fitur pusat resolusi Tokopedia sesuai dengan ketentuan rukun dan syarat kedua khiyar tersebut di mana pembeli memiliki hak untuk mengembalikan barang dan membatalkan akad salam. Berdasarkan kesimpulan tersebut di atas maka disarankan kepada: (1) CS Tokopedia untuk dapat memberikan beberapa pilihan solusi dalam menyelesaikan komplain, (2) Pembeli yang akan berbelanja di Tokopedia seharusnya terlebih dahulu membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Sehingga dapat terpenuhinya unsur saling rela sebagaimana yang telah diatur dalam Islam terkait jual beli, (3) Penjual sebaiknya melakukan packing barang dengan aman sehingga pada saat sampai di alamat pembeli barang tidak mengalami kerusakan yang dapat mengakibatkan komplain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najah, SafinatunUNSPECIFIEDC92215186
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDNurhayati, NurhayatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Perdata Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Internet
Bisnis
Teknologi
Keywords: Tokopedia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Najah Safinatun
Date Deposited: 26 Jul 2019 02:01
Last Modified: 26 Jul 2019 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32793

Actions (login required)

View Item View Item