Peran Kartosuwirjo Dalam Pembentukan Negara Islam Indonesia 1947-1962

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baihaki, Aga Itbah (2019) Peran Kartosuwirjo Dalam Pembentukan Negara Islam Indonesia 1947-1962. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aga Itbah Baihaki_A72212123.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang perjuangan Kartosoewirjo dalam pembentukan Negara Islam Indonesia tahun 1947- 1962 di Malangbon Jawa Barat. Masalah yang diteliti dalam tulisan ini ada beberapa hal yaitu: 1) Bagaimana riwayat hidup S.M. Kartosoewirjo? 2) Bagaimana kondisi pemerintahan Republik Indonesia yang memicu timbulnya gerakan perlawanan Kartosoewirjo? 3) Bagaimana perjuangan Kartosoewirjo dalam pembentukan Negara Islam Indonesia?. Untuk mempelajari permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode sejarah, untuk mengetahui fakta sejarah tentang biografi S.M Kartosoewirjo dan perjuangannya beliau dalam membentuk Negara Islam Indonesia. Untuk menganalisa fakta sejarah menggunakan pendekatan yang sering digunakan dalam penelitian sejarah, yaitu pendekatan historis, normatif, danpolitik. Penelitian ini menemukan: 1) S.M. Kartosoewirjo lahir pada tanggal 7 Januari 1907. Ayahnya Kartosuwirjo adalah seorang mantri yang di angkat menjadi pegawai oleh Belanda, sehingga Kartosuwirjo bisa menyelesaikan pendidikan yang Kartosuwirjo tempuh pada pemerintah Belanda sasat itu. Pemikiran Kartosoewirjo banyak dipengaruhi oleh Tjokroaminoto tentang politik dan pemahaman tentanng ajaran agama Islam. Kartosoewirjo memiliki kepribadian yang bisa di bilang begitu sederhana, ia adalah sosok pemimpin yang berani untuk mencapai tujuan yang Kartosuwirjo tujukan. 2) Perjuangan seorang Kartosoewirjo untuk mendirikan negara Islam, dengan menyerukan Jihad Fi Sabilillah untuk tujuannya. Kartosuwirjo memberi keyakinan dan pelajaran tentang pemahamannya di pemerintahan, negara yang berdasarkan Alquran dan Hadis adalah suatu konsep negara yang tepat untuk di perjuangkan di Indonesia. Sehingga suatu keharusan untuk mendirikan pemerintahan Islam di Indonesia. 3) Dalam suatu catatan sejarah di Indonesia, Kartosoewirjo adalah seorang pemberontak yang menentang pemerintah republik Indonesia. Namun bagi masyarakat Jawa Barat khususnya, negara Islam yang sudah dibuat oleh Kartosoewirjo adalah suatu tempat yang bisa di buat perlindungan dan tanpa pamrih menumpahkan darahnya untuk kemerdekaan, untuk membebaskan wilayahnya dari para kolonial dan pemerintahan yang penjajah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baihaki, Aga Itbahagabaihaqi@gmail.comA72212123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadmkhod4fi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah
Keywords: Kartosuwirjo; Pembentukan negara Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Baihaki Aga Itbah
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:37
Last Modified: 08 Aug 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34130

Actions (login required)

View Item View Item