PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II MI MAMBAUL HIKMAH MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Enik (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II MI MAMBAUL HIKMAH MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Pemahaman siswa kelas II MI Mambaul Hikmah Mojokerto terhadap materi pelajaran matematika rendah, sehingga berakibat pada rendahnya kemampuan berhitung siswa tersebut. Media garis bilangan adalah alat peraga berupa garis lurus yang ditandai dengan titik-titik angka yang berjarak sama. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika diperlukan media yang dapat membantu siswa untuk berpikir secara konkrit, dalam menjelaskan dan menanamkan konsep-konsep matematika.
Berdasarkan deskripsi dari latar belakang tersebut diperoleh dua permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana penerapan media garis bilangan dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan; 2) Bagaimana peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut penelitian ini mempunyai dua tujuan, yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan media garis bilangan dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan; 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). PTK ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil refleksi pada siklus I akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Siklus akan dihentikan jika target indikator kinerja yang ditentukan telah tercapai. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 11 April 2015, sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 22 April 2015. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Mambaul Hikmah Mojokerto yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran yang dilakukan memberi dampak terhadap meningkatnya kemampuan berhitung siswa. Data hasil observasi aktivitas guru siklus II mencapai nilai 95,2 kriteria sangat baik, mengalami peningkatan sebesar 16,63 dari siklus I. Sedangkan data hasil observasi siswa siklus II mencapai nilai sebesar 91,67 kriteria sangat baik, mengalami peningkatan sebesar 26,67 dibandingkan dengan siklus I. Kemudian data rata-rata kelas nilai kemampuan pada siklus I yaitu 78,3 dan mengalami peningkatan sebesar 9,1 pada siklus II yakni rata-rata kelas nilai kemampuan siswa mencapai 87,4

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Wahyuniati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, EnikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Kemampuan berhitung; Media Garis Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 18 Jan 2016 01:25
Last Modified: 18 Jan 2016 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3414

Actions (login required)

View Item View Item