STUDENTS' CULTURAL AWARENESS LEVEL AND THEIR TECHNIQUES FOR INCORPARATING TARGET CULTURAL CONTENT INTO ENGLISH LANGUAGE TEACHING IN ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTEMENT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfirotillah, Qori'ah (2015) STUDENTS' CULTURAL AWARENESS LEVEL AND THEIR TECHNIQUES FOR INCORPARATING TARGET CULTURAL CONTENT INTO ENGLISH LANGUAGE TEACHING IN ENGLISH TEACHER EDUCATION DEPARTEMENT UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Kesadaran berbudaya sangat erat berkaitan dengan kemampuan seseorng untuk menghadapi interaksi global. Level kesadaran berbudaya seseorang dapat menjadi salah satu indikator dari seberapa baik pengenalan dan sikap seseorang terhadap ritus, kepercayaan, dan budaya lain ditunjukkan. Sehingga, memiliki kemampuan sadar budaya yang baik menjadi sangat penting untuk mahasiswa pendidikan bahasa inggris (PBI) UIN Surabaya sebagai calon guru. Adalah sebuah keharusan bagi mahasiswa PBI sebagai guru bahasa asing untuk menghadirkan kepada siswa proses pembelajaran yang bermakna agar mereka dapat mengakuisisi bahasa secara tepat, untuk kemudian disimpan dalam memori jangka pnjang. Untuk mencapai tujuan ini, sebuah garis bawah harus ditekankan oleh mahasiswa PBI terhadap kenyataan bahwa sebuah pembelajaran bahasa tidak akan meninggalkan jejak apapun tanpa melibatkan pembelajaran budaya terkait di dalamnya. Dengan berlatar signifikansi yang telah disebutkan, penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan berikut : (1) Di tingkat manakah level kesadaran budaya mahasiswa PBI UINSA berada?, (2) Strategi apa yang digunakan oleh mahasiswa PBI dalam mengintegrasikan aspek-aspek budaya ke dalam pembelajaran bahasa inggris mereka?. Mixed method dipilih untuk menjawab pertanyaan tersebut. Pertanyaan pertama dijawab dengan penelitian kuantitatif berinstrumen tes, pertanyaan kedua dijawab dengan penelitian kualitatif menggunakan instrument observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa level kesadaran budaya mahasiswa secara mayoritas telah cukup moderat. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa sebagian besar mereka mampu meraih level 3. Kemudian, pertanyaan kedua yang hanya mengambil 35 orang mahasiswa sebagai sampel penelitian terjawab oleh fakta bahwa tekhnik yang paling banyak dipakai adalah “menggunakan materi pembelajaran otentik yang berisikan aspek budaya dan sosial dari bahasa sasaran”. Kemudian, “menggunakan aktivitas berbasis budaya” menempati urutan kedua sebagai tekhnik yang banyak dipakai. Fakta lain yang ditemukan dalam penelitian ini ialah bahwa mahasiswa yang meraih level 2 adalah lebih baik dalam kemampuan mengintegrasikan aspek budaya sasaran ke dalam pembelajaran. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa level kesadaran budaya siswa tidak berhubungan erat dengan kemampuan mereka mengitegrasikan aspek budaya sasaran dalam pembelajaran bahasa inggris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Afida safriani, Diah karmilasari Putri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfirotillah, Qori'ahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Metode
Keywords: Cultural awareness; Level of cultural awareness; The techniques to incorporate culture into English language teaching; Micro-teaching class; Factual Knowledge; Intercultural Competence;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2016 07:26
Last Modified: 18 Jan 2016 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item View Item