PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS WEB : STUDI KASUS MATERI WAKAF UNTUK SISWA KELAS X DI SMA AL-FALAH KETINTANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solihin, Moh (2015) PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS WEB : STUDI KASUS MATERI WAKAF UNTUK SISWA KELAS X DI SMA AL-FALAH KETINTANG SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang materi wakaf untuk siswa kelas X pada tingkat satuan pendidikan sekolah menengah atas ; 2) Mendeskripsikan implementasi produk untuk pembelajaran PAI pada materi wakaf untuk siswa kelas X di SMA Al-Falah Ketintang Surabaya; dan 3) Mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran PAI untuk siswa kelas X di SMA Al-Falah Ketintang Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan pendekatan model pengembangan ADDIE (Analyses, Design, Develop, Implementation, Evaluation) yang terdiri atas lima tahapan pengembangan yang dilakukan, yaitu : Melakukan analisis kebutuhan (needs assestment) hingga menjadi sebuah konsep dan siap dikembangkan, melakukan perancangan desain, pengembangan, mengimplementasikan dan melakukan evaluasi baik formatif pada setiap tahapan maupun evaluasi sumatif diakhir kegiatan pengembangan.
Dalam tahap pengembangan, telah dilakukan uji formatif berupa evaluasi dari dosen pembimbing, ahli materi dan ahli media. Selanjutnya adalah melakukan revisi pada produk awal berdasarkan hasil evaluasi formatif tersebut untuk beberapa aspek seperti tampilan, konten/isi materi, dan sistem penyajian media. Produk revisi kemudian diujicobakan untuk mendapatkan feedback (umpan balik) dari pengguna secara langsung (siswa dan guru pengampu PAI kelas X di SMA Al-Falah Ketintang Surabaya) yang meliputi kemudahan dan kemanfaatan dalam penggunaannya. Dari aspek tampilan, desain dibuat sesederhana mungkin namun tetap sesuai dengan tujuan pengembangan, dari aspek isi materi, empat bagian yang ditampilkan cukup mewakili untuk membuat siswa mengamati, menanya, mengasosiasi, dan memahami serta mengkomunikasikan hasil pembelajaran.
Sebagai hasil dalam penelitian pengembangan ini adalah : 1) Sistem aplikasi web untuk mengelola media pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dengan materi Fikih Wakaf yang terintegrasi dengan pertemuan di kelas. Seorang guru PAI dapat melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis web dengan cara didaftarkan oleh admin sekolah yang sudah terdaftar menjadi member pada situs www.indomedia.web.id. Di situ guru PAI dapat membangun dan mengelola kelas virtual dan menjadikannya sebagai media pembelajaran untuk para siswanya. 2) Data implementasi produk di lapangan, menghasilkan suatu kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan dapat ditindaklanjuti dengan melakukan pengembangan pada beberapa bagian konten yang dibangun sebagai fitur. Berdasarkan evaluasi ahli media, produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah produk “starter” yang memberikan peluang pada penelitian serupa untuk dilakukan pengembangan lebih lanjut, terutama pengelolaan database dan penambahan fitur yang diperlukan untuk sebuah pembelajaran virtual sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran PAI khususnya, dan mata pelajaran selainnya. 3) Produk ini cukup efektif untuk membuat siswa lebih siap pada pertemuan di kelas yang akan berpengaruh pada kemampuan kognitifnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil posttest yang cenderung mengalami peningkatan dibanding pretest. Ditambah keterangan guru pengampu yang menyatakan bahwa pemakaian media ini membantu siswa mempersiapkan diri untuk pembelajaran di kelas, sehingga partisipasi siswa meningkat dan pertemuan menjadi lebih bermakna.
Membuat multiple login untuk membatasi hak akses user dan admin, membuat form registration untuk formulir pendaftaran anggota/member, membuat dropdown menu sebagai navigasi halaman, fitur latihan/soal dengan multiple choice, slide show, comment, forum diskusi, dan lainnya, adalah beberapa widget yang diperlukan untuk membangun desain web interface yang interaktif. Demikian pula halnya dengan membangun database dan membuatnya terhubung dengan user interface adalah suatu keharusan untuk dipahami dalam membuat web dinamis dan interaktif sebagai edutaintment untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan PHP dan mySQLi yang penulis gunakan, semua fitur itu tersajikan sebagai pembahasan untuk memecahkan beberapa permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini.
Walaupun tidak secara keseluruhan, namun web content yang dirancang sebagai template kelas virtual dalam penelitian ini merupakan “produk starter” yang secara garis besar dapat dijadikan rujukan untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai media pembelajaran berupa kelas virtual untuk materi PAI lainnya, bahkan untuk mata pelajaran dan tingkatan pendidikan lainnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Abd Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solihin, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Pembelajaran berbasis Web; Media Pembelajaran; PAI; Wakaf
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 00:49
Last Modified: 19 Jan 2016 00:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item