PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL TERJEMAH PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI METODE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V MI ROUDLOTU ULUM CANDI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafa’at, Mukhtar (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL TERJEMAH PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MELALUI METODE INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V MI ROUDLOTU ULUM CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran al-Qur’an Hadits merupakan sebuah mata pelajaran pendidikan agama islam yang menekankan pada kemampuan membaca, menulis dan menghafal al-Qur’an dan Hadits serta terjemahnya dengan baik dan benar (surat-surat pendek dan hadits pilihan. Di MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjo banyak siswa kelas V yang belum tuntas dalam mencapai hasil belajar pada materi tejemah surat al-Qadr dikarenakan lemahnya hafalan terjemah tersebut. Hal tersebut dipengarui kurang menariknya metode yang diterapkan, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikutipembelajaran. Dalam hal ini, metode Index Card Match dinilai cocok untuk diterapkan pada siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjo. Metode ini melibatkan semua peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran dengan demikian ingatan peserta didik bisa lebih tahan lama.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan metode Index Card Match untuk meningkatkan kemampuan menghafal surat al-Qadr siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjo? 2. Bagaimana peningkatan kemampuan menghafal surat al-Qadr siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjo setelah diterapkan metode Index Card Match?
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk: 1. Untuk mengetahui penerapan metode Index Card Match dalam meningkatkan kemampuan menghafal terjemah surat al-Qadr siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjo. 2. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal terjemah surat al-Qadr siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjo setelah diterapkan metode Index Card Match.
Pelaksanaan metode Index Card Match dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas V MI Roudlotul Ulum Candi Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP yang sudah dibuat. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus 1 sebesar 68 (kurang) sedangkan pada siklus 2 menjadi 84 (baik). Hasil observasi pada aktivitas siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 64 (kurang) sedangkan pada siklus 2 menjadi 83 (baik). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode Index Card Match telah dilaksanakan dengan baik. 2) Pada siklus I ketuntasan belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar 42.85% dengan nilai rata-rata kelas 72,61. 3) Terjadi peningatan pada siklus II dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 92,85% dengan nilai rata-rata kelas 85,23

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sulthon Mas'ud
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafa’at, MukhtarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Metode
Pengajaran
Keywords: Kemampuan Menghafal; Metode Index Card Match; Pembelajaran Al-Qur’an Hadits; Terjemah Surat Al-Qadr.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 02:10
Last Modified: 19 Jan 2016 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item