PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES KELAS V MI. RIYADLUL ULUM JENGGOT KREMBUNG SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2014-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrulloh, A. Mujib (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES KELAS V MI. RIYADLUL ULUM JENGGOT KREMBUNG SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di MI. Riyadlul Ulum pada mata pelajaran bahasa Indonesia Tahun Pelajaran sebelumnya diketahui bahwa kemampuan menulis siswa masih rendah. Siswa merasa kesulitan untuk menulis pokok-pokok dan menyimpulkan berita secara runtut dalam bentuk teks berita.
Kenyataan tersebut bila terus berlanjut akan membawa dampak kurang baik bagi proses pembelajaran, guru, siswa, sekolah, maupun kemajuan pendidikan pada umumnya.
Model Pembelajaran Examples non Examples dipandang sebagai bentuk tindakan yang relevan untuk dapat mengatasi masalah pembelajaran di atas. Dengan menawarkan contoh gambar sebagai model pembelajaran yang dapat menggiatkan
minat siswa untuk menulis teks berita melalui diskusi kelompok. Model pembelajaran ini memang sesuai dengan jiwa kurikulum sekarang yang menuntut
siswa lebih aktif dan kreatif.
Berdasarkan uraian dalam latar belakang di atas, masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah:1). Bagaimanakah penerapan Model Examples non Examples dalam pembelajaran menulis teks berita mata pelajaran bahasa Indonesia dengan Siswa Kelas V MI. Riyadlul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015?, 2). Bagaimanakah peningkatan hasil pembelajaran menulis teks berita dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan Model Examples non Examples
Siswa Kelas V MI. Riyadlul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Example non Example dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis pokok-pokok teks berita siswa kelas V MI. Riyadlul Ulum. Telah terjadi peningkatan hasil yang
cukup signifikan dari hanya 16 orang siswa (61,54%) yang mengalami ketuntasan pada siklus I, menjadi 26 orang siswa (100%) pada siklus II. Peningkatan hasil pembelajaran menulis teks berita yang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah 38,46% (10 orang siswa), sehingga pada siklus II target ketuntasan belajar 85% dari jumlah siswa secara keseluruhan sudah tercapai

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufik
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrulloh, A. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Media
Keywords: menulis teks berita; example non example.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:10
Last Modified: 19 Jan 2016 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3560

Actions (login required)

View Item View Item