Intimate language style used by the characters of a star is born movie

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Krisdiana, Ulvi Tiyas (2019) Intimate language style used by the characters of a star is born movie. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulvi Tiyas Krisdiana_A03215020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam studi ini peneliti berfokus pada mengamati tentang gaya bahasa yang ada dalam film “A Star Is Born”. Tesis ini menganalisis tentang ujaran-ujaran bersifat akrab yang diucapkan oleh karakter-karakter pada film. Dalam tesis ini memiliki dua masalah penelitian. Tujuannya adalah untuk mengetahui ragam-ragam akrab yang digunakan oleh para karakter, dan untuk mengungkapkan faktor-faktor mempengaruhi karakter yang ada pada film ini. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berbentuk transkrip film dari film A Star Is Born. Dalam menjawab pertanyaan yang ada, peneliti menjawab menggunakan teori dasar yang di gunakan dalam film berjudul The style of Five O’clock Karya Martin Joss (1976) dan buku An Introduction to Sociolinguistics karya holmes (1992). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peneliti telah menemukan 22 ucapan yang mengandung gaya bahasa yang intim. 5 ucapan dengan karakteristik penerima, 3 dengan karakteristik ekstraksi, 3 karakteristik jargon, 6 karakteristik teman dekat, 5 ucapan karakteristik hubungan keluarga. Dalam pertanyaan penelitan kedua peneliti menggunakan teori fakto sosial sesuai dengan Holmes (1992). ada empat fakor sosial yang mempengaruhi karakter untuk menggunakan gaya intim. Dalam faktor pertama ini adalah paricipant. Peserta film ini memiliki hubungan yang sangat dekat seperti anggota keluarga atau teman dekat. Hubungan teman dekat adalah aspek menggunakan gaya bahasa intim. Faktor kedua adalah topik. Topik yang dibahas dalam film ini adalah tentang topik pribadi, mendalam, dan terkadang berbicara tentang cinta. Ketiga adalah tentang pengaturan. Percakapan dalam film A Star is Born sering menetap di beberapa tempat informal dan pribadi seperti tempat acara, di rumah dan sebagainya. Keempat adalah fungsi. Fungsi ujaran yang dihasilkan oleh karakter berbeda-beda. Tetapi kebanyakan dari mereka memiliki tujuan untuk menyampaikan keintiman tentang mereka satu sama lain. Secara keseluruhan dengan melihat temuan peneliti ini telah membuktikan bahwa gaya bahasa intim dapat dianalisis dalam film A Star Is Born penelitian ini mampu untuk mengungkapkan gaya bahasa intim yang digunakan oleh karakter film untuk menggunakan gaya bahasa yang intim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Krisdiana, Ulvi Tiyasulvitiyas1218@gmail.comA03215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Raudlotulj.brillianty@gmail.com197810062005012004
Subjects: Bahasa Inggris
Sastra
Film
Keywords: Intimate Language Style; Close Friends; A Star Is Born movie
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Krisdiana Ulvi Tiyas
Date Deposited: 08 Oct 2019 05:00
Last Modified: 08 Oct 2019 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35841

Actions (login required)

View Item View Item