KORELASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PENALARAN DENGAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayatullah, Izzatul Fitri (2015) KORELASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PENALARAN DENGAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover,.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyebutkan lima kemampuan dasar matematika, dua diantaranya merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa sekolah menengah dalam pembelajaran matematika. Dua kemampuan tersebut adalah kemampuan koneksi matematis dan kemampuan penalaran. Untuk menguasai suatu kemampuan tersebut diperlukan pemahaman matematika. Karena dengan pemahaman matematika siswa, dapat dilihat ada tidaknya hubungan dua kemampuan dasar tersebut. Berdasarkan uraian diatas peneliti mengajukan suatu rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana korelasi kemampuan koneksi matematis dengan pemahaman matematika siswa?, (2) bagaimana korelasi kemampuan penalaran dengan pemahaman matematika siswa? dan (3) bagaimana korelasi kemampuan koneksi matematis dan kemampuan penalaran dengan pemahaman matematika siswa?.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode penelitian ex post facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data diperoleh dari tes uraian kemampuan koneksi matematis, kemampuan penalaran dan pemahaman matematika yang masing-masing terdiri 5 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi.

Hasil penelitian didapatkan: terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan koneksi matematis dengan pemahaman matematika siswa dengan rhitung = 0,767064, nilai thitung = 6,6568291 dan ttabel = 2,03951, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan penalaran dengan pemahaman
matematika siswa dengan rhitung = 0,610181, nilai thitung = 4,2881599 dan ttabel= 2,03951 dan terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan koneksi matematis dan kemampuan penalaran dengan pemahaman matematika siswa dengan rhitung = 0,992296, nilai Fhitung = 961,5742 dan Ftabel = 3,32, masing-masing menggunakan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis dan kemampuan penalaran memiliki hubungan yang signifikan dengan pemahaman matematika siswa.

Kata Kunci: Kemampuan, Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayatullah, Izzatul FitriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kemampuan, Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Suprapto Suprapto
Date Deposited: 19 Jan 2016 10:32
Last Modified: 19 Jan 2016 13:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3642

Actions (login required)

View Item View Item