PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII DI SMP DARUL MUTA’ALLIMIN TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Arista Nur (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII DI SMP DARUL MUTA’ALLIMIN TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan RPP, LKS, dan Handout bagi siswa kelas VIII sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP. Pengembangan ini untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran tentang materi koordinat kartesius.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Jerrolt E. Kemp. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Darul Muta’allimin Taman Sidoarjo. Hanya 20 siswa yang menjadi uji coba penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli, observasi, angket, dan tes. Validasi ahli digunakan untuk mengetahui perangkat pembelajaran valid dan praktis, observasi digunakan untuk data aktifitas siswa dan keterlaksanaan RPP, angket digunakan untuk mengetahui respon siswa, dan sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data analisis secara deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dengan model MURDER membantu siswa dalam memahami materi. Hal ini dapat dilihat dari (1) hasil validasi ahli mendapatkan rata-rata dengan kriteria baik, (2) hasil kepraktisan perangkat pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata nilai B yang berarti perangkat pembelajaran layak digunakan dengan sedikit revisi, (3) hasil keefektifan perangkat pembelajan dinilai dari keterlaksanaan RPP dengan rata-rata skor 3,42 yang berpredikat baik, aktifitas siswa dinilai baik, hasil belajar siswa memiliki rata-rata sangat baik, serta respons siswa mendapat nilai yang positif. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model MURDER memiliki rata-rata nilai baik dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agus Prasetyo Kurniawan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Arista NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Pembelajaran Murder; Koordinat Kartesius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 03:28
Last Modified: 20 Jan 2016 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3661

Actions (login required)

View Item View Item