PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI DAN LATIHAN MATERI JARAK DAN KECEPATAN DI KELAS V MI AR – ROSYAD SIMOGIRANG KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Paramita, Faricha Hanum (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI DAN LATIHAN MATERI JARAK DAN KECEPATAN DI KELAS V MI AR – ROSYAD SIMOGIRANG KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Pentingnya penguasaan matematika secara tuntas karena matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Ar – Rosyad Simogirang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo tidak sesuai dengan yang diharapkan, banyak siswa nilai matematikanya dibawah standart ketuntasan minimal sehingga peneliti tergerak untuk melakukan penelitian dengan metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode ceramah plus demonstrasi dan latihan pada siswa MI Ar-Rosyad Simogirang kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo.
Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V MI Ar-Rosyad Simogirang Kecematan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Tiap pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam dua hari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode ceramah plus demonstrasi dan latihan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi jarak dan kecepatan. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan siklus nilai rata-rata siswa 61,83 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM ada 4 siswa atau 22% dari jumlah keseluruhan 18 siswa meningkat pada siklus I dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM ada 8 siswa atau 44% dari jumlah keseluruhan. Sedangkan pada siklus II ada 13 siswa yang tuntas belajar dengan prosentase 72% dari jumlah keseluruhan. peningkatan siswa dari pra siklus sampai siklus ke II sebesar 50%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kusaeri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Paramita, Faricha HanumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Ceramah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 08:52
Last Modified: 20 Jan 2016 08:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3707

Actions (login required)

View Item View Item