TATHWIIR AL KITAAB AL DARAASII LI TADRIIS ILM AL SHARF AL WAAHID : BAHTS TATHWIIRI FI AL MUSTAWAA AL TSAANII MIN AL QISM AL LUGHAH AL ARABIYAH BIKULLIYAH AL TARBIYAH BIJAAMIAH ZAINUL HASAN PROBOLINGGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzammil, Ahmad (2015) TATHWIIR AL KITAAB AL DARAASII LI TADRIIS ILM AL SHARF AL WAAHID : BAHTS TATHWIIRI FI AL MUSTAWAA AL TSAANII MIN AL QISM AL LUGHAH AL ARABIYAH BIKULLIYAH AL TARBIYAH BIJAAMIAH ZAINUL HASAN PROBOLINGGO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Materi bahan ajar untuk dalam setiap aktifitas pembelajaran memiliki peranan penting dalam menentukan berhasil atau tidaknya tujuan yang ingin di capai pada pembelajaran tersebut. Kendala yang di alami Mahasiswa Semester 2 PBA Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Kraksaan Probolinggo adalah tidak adanya Bahan Ajar yang sesuai dengan sifat atau kecenderungan Mahasiswa dan prinsip pembelajaran Bahasa Arab, demikian juga minimnya pemahaman Mahasiswa dalam memahami materi Sharaf pada semester tersebut.
Tujuan Penelitian ini adalah : untuk menambah dan memperdalam pengetahuan mahasiswa semester 2 PBA Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Kraksaan probolinggo terhadap Ilmu Sharaf 1
Rumusan masalah yang perlu di jawab dalam penelitian ini adalah : 1. Apa yang menjadi kendala dalam pembelajaran materi Sharaf?. 2. Bagaimana Desain dan pengembangan Bahan Ajar dalam pembelajaran Sharaf?. 3. Bagaimana Hasil dari praktek pembelajaran sharaf menggunakan bahan ajar yang sudah di desain?
Berdasarkan tujuan dan rumusan masalah di atas, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran materi Sharaf. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest One Group dengan jumlah 33 mahasiswa di Program pendidikan Bahasa Arab Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Kraksaan probolinggo.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1. Kendala atau masalah yang ada pada kelas yang diteliti adalah rendahnya pemahaman Mahasiswa pada materi Sharaf. 2. Penelitian pengembangan ini menghasilkan Buku Ajar yang bisa menambah pemahaman mahasiswa terhadap materi Sharaf pada kelas semester 2 PBA Institut Ilmu keislaman Zainul Hasan Kraksaan Probolinggo. 3. Berdasarkan uji-t (statistik) terhadap hasil pre-test dan pos-test aspek kemampuan pemahaman terhadap materi sharaf 1, menunjukkan hasil t-hitung (18,4) > t-tabel (2,75) pada p <0.01. Artinya ada perbedaan cukup signifikan dalam kemampuan memahami materi sharaf 1 antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Buku ajar yang didesain. Dengan demikian, bahwa penggunaan buku yang didesain efektif untuk mengembangkan pemahaman para Mahasiswa terhadap materi sharaf 1 di kelas semester 2 PBA Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Kraksaan Probolinggo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Afifuddin Dimyati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzammil, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Buku Ajar; Materi Pendidikan; Sharf;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 06:39
Last Modified: 21 Jan 2016 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3767

Actions (login required)

View Item View Item