MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DUA BILANGAN MELALUI PERMAIAN KARTU PINTAR DI MI AL KHAIRIYAH TERUSAN MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningsih, Eko (2015) MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DUA BILANGAN MELALUI PERMAIAN KARTU PINTAR DI MI AL KHAIRIYAH TERUSAN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan pada masalah yang dialami oleh peneliti, dimana pemahaman siswa kelas I MI Al Khairiyah pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dua bilangan masih rendah, sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa tersebut. Dengan penerapan pembelajaran menggunakan Permainan Kartu Pintar diharapkan siswa mendapatkan pemahaman yang lebih konkrit tentang konsep materi penjumlahan dua bilangan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dua bilangan siswa kelas I MI Al Khairiyah setelah diterapkannya pembelajaran dengan permainan kartu pintar.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode ini pada hakikatnya adalah perangkat-perangkat atau untaian dengan setiap perangkat terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dipandang sebagai satu siklus. Hasil refleksi pada siklus tersebut akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Siklus akan dihentikan jika target kinerja yang ditentukan telah tercapai. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al Khairiyah yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak terhadap meningkatnya hasil belajar matematika siswa. Dari data nilai pada pra siklus, jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 1 anak atau 19% dari jumlah siswa. Data hasil tes pada siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 23% atau 6 siswa. Data hasil tes pada siklus II menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 73% atau 19 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh pada pra siklus, siklus I dan II tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas I MI Al Khairiyah meningkat setelah diterapkannya pembelajaran matematika dengan permainan kartu pintar pada materi penjumlahan dua bilangan.
Respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode permainan kartu pintar tergolong positif. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket respons siswa yang diberikan pada siklus II. Rata-rata persentase respons siswa yang bernilai positif sebesar 94,2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agus Prasetyo Kurniawan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningsih, EkoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Matematika; Kartu Pintar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 07:45
Last Modified: 21 Jan 2016 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3780

Actions (login required)

View Item View Item