UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS III MI MIFTAHUL ULUM POPOH WONOAYU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lisnawati, Yayuk (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI KELAS III MI MIFTAHUL ULUM POPOH WONOAYU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa terhadap materi bangun datar di kelas III MI Miftahul Ulum Popoh Wonoayu Sidoarjo memicu peneliti untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas agar bisa meningkatkan pemahaman konsep siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep tersebut dengan menggunakan pendekan Contextual Teaching Learning (CTL). Karena CTL merupakan pembelajaran kontekstual yang melibatkan para siswa dalam ativitas penting yang membantu mereka mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan bangun datar melalui pendekatan CTL di Kelas III MI Miftahul Ulum Popoh Wonoayu Sidoarjo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perangkat-perangkat atau untaian dengan setiap perangkat terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dipandang sebagai suatu siklus. Siklus akan dihentikan jika target kinerja yang ditentukan telah tercapai. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Miftahul Ulum Popoh Wonoayu Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL pada pembelajaran matematika materi bangun datar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III MI Miftahul Ulum Popoh Wonoayu Sidoarjo. Data dari hasil tes pemahaman pada siklus 1 menunjukkan pemahaman konsep siswa berada pada tingkat 1 dan 2. Data dari hasil tes pemahaman pada siklus 2 menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan karena ada 83,33 % siswa yang mengalami peningkatan dan mayoritas berada pada tingkat 3.
Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I dan II tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran matematika materi bangun datar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III MI Miftahul Ulum Popoh Wonoayu Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lisnawati, YayukUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Contextual Teaching Learning; Bangun Datar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 08:32
Last Modified: 21 Jan 2016 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item