Grup Abelian yang dibangun oleh Engel Set Berhingga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isro'iyyah, Lailatul (2019) Grup Abelian yang dibangun oleh Engel Set Berhingga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Isro'iyyah_H72216055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Grup Abelian didefinisikan sebagai suatu grup G dengan operasi biner ∗ yang memenuhi sifat komutatif x ∗ y = y ∗ x untuk setiap x, y ∈ G. Komutator dari x, y ∈ G didefinisikan dengan [x, y] = xyx^(−1)y^(−1). Berdasarkan definisi komutator memotivasi munculnya definisi center grup, yaitu Zi(G) = {g ∈ G | [g, x] ∈ Z^(i−1)(G), ∀x ∈ G} untuk suatu i bilangan bulat positif. Suatu grup G dikatakan nilpoten jika Zi(G) = G. Himpunan tak kosong S subset dari G dikatakan Engel Set jika untuk setiap x, y ∈ S terdapat bilangan bulat non negatif n = n(x, y) sedemikian sehingga komutator [x,n y] = 1. Terdapat suatu sifat yang menyatakan jika G = hSi nilpoten maka S berhingga. Namun suatu grup yang dibangun oleh Engel Set berhingga tidak selalu nilpoten, yaitu jika suatu grup yang dibangun oleh Engel Set dengan tiga elemen atau lebih maka menjadi grup non-nilpoten. Pada penelitian ini akan dikaji sifat-sifat suatu grup yang dibangun oleh Engel Set berhingga menjadi grup nilpoten. Diperoleh sifat bahwa suatu grup Abelian yang dibangun oleh Engel Set size 2 merupakan grup nilpoten.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isro'iyyah, Lailatullailatulisroiyyah@gmail.comH72216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Wika Dianitawikadianita@uinsby.ac.id199206102018012003
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Grup Abelian; Engel Set; Grup Nilpoten
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Lailatul Isroiyyah
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:29
Last Modified: 06 Jan 2020 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38292

Actions (login required)

View Item View Item