PENGARUH FIGUR KYAI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA DI YAYASAN AL-JIHAD SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puteri, Novia Dzaki Qorif (2015) PENGARUH FIGUR KYAI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA DI YAYASAN AL-JIHAD SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul : “Pengaruh Figur Kyai dan Kualitas Layanan Terhadap Pengguna Jasa di Yayasan Al-Jihad Surabaya”. Pada saat ini persaingan di dunia usaha menjadi ketat, baik usaha di bidang produk maupun jasa. Loyalitas konsumen menjadi aset yang berharga bagi para pelaku usaha. Sebagai lembaga yang bergerak di bidang jasa, dan juga karena persaingan yang kompetitif, pelayanan menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha di bidang jasa. Selain kualitas layanan adanya kelompok referensi juga yang berperan dalam mempertahankan konsumen. Yayasan Al-Jihad merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang jasa. Selain dengan meningkatkan kualitas layanan adanya figur kyai sebagai kelompok referensi juga berperan dalam mempertahankan loyalitas pengguna jasa di Yayasan Al-Jihad.
Objek dalam penelitian ini adalah Figur Kyai (X1), Kualitas Layanan (X2) dan Loyalitas (Y). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah figur kyai dan kualitas layanan mempunyai pengaruh pada loyalitas. Untuk membuktikan hipotesis tersebut maka digunakan analisis linier berganda dengan uji F dan t. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 372 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik.
Berdasarkan hasil perhitungan statistik diketahui bahwa nilai F_hitung>F_tabel yang dihasilkan sebesar 93,324 dengan F_tabel = 3,02. Jadi F_hitung>F_tabel dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 5%. nilai t_hitung yang dihasilkan 10,629 dengan t_tabel = 1,649. Jari t_hitung>t_tabel dengan tigkat signifikansi yang dihasilkan kurang dari 5% (sig = 0,000). Dengan demikian variabel figur kyai (X1) dan kualitas layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas(Y). Selain itu berdasarkan nilai R Square sebesar 0,0332 atau 33,2% dapat diketahui bahwa variabel loyalitas dapat dijelaskan oleh varibel figur kyai dan kualitas layanan adalah sebesar 33,2%. Dan sisanya sebesar 66,8% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian. Dari tabel di atas, juga dapat dilihat bahwa nilai beta tertinggi yaitu figur kyai sebesar 0,455 dibandingkan dengan variabel kualitas layanan sebesar 0,303, hal ini menunjukkan bahwa figur kyai merupakan variabel independen yang paling dominan mempengaruhi loyalitas pengguna jasa di Yayasan Al-Jihad.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa figur kyai dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas baik secara parsial maupun simultan. Untuk membangun loyalitas dari konsumen, perusahaan harus memiliki hubungan yang baik dengan konsumen sehingga perusahaan dapat lebih memahami kebutuhan, keinginan dan harapan-harapan para konsumennya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Fatmah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puteri, Novia Dzaki QorifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Dunia Usaha; Kualitas Layanan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2016 02:59
Last Modified: 25 Jan 2016 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3907

Actions (login required)

View Item View Item