PENGGUNAAN MEDIA PAPAN SAKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB MATERI “ في المد رسة ” SISWA KELAS V MI MA’ARIF CANDI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Yeni Mei (2015) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN SAKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB MATERI “ في المد رسة ” SISWA KELAS V MI MA’ARIF CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh masalah yang timbul dikelas V MI Ma’arif Candi Sidoarjo, yang terdiri dari 23 siswa. Masalah tersebut mengenai rendahnya keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas V MI Ma’arif Candi Sidoarjo. Ini dibuktikan dengan hasil nilai yang di dapat dari pra siklus yakni 34,78% yang masih di bawah KKM (70). Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka peneliti merumuskan permasalahannya sebagai berikut :
1. Bagaimana penerapan media papan saku pada pelajaran bahasa Arab di MI Ma’arif Candi Sidoarjo?
2. Bagaimana peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab dengan menggunakan media papan saku di MI Ma’arif Candi Sidoarjo?
Materi yang dipilih untuk melaksanakan penelitian tentang sekolah dengan standar kompetensi (8.1 Menyusun kata menjadi kalimat sempurna, membuat karangan sederhana tentang في المدرسة, في المكتبة, في المقصف
Peneliti melakukan PTK ini dengan jenis penelitian kolaboratif yaitu dilakukan dengan bekerja sama dengan guru bidang studi bahasa Arab dan dibantu dengan teman sejawat. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengadakan non tes (Produk), observasi, wawancara dan dokumentasi. Model penelitian Kemmis dan Mc Taggart memiliki urutan kegiatan yakni menyiapkan perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penerapan media papan saku berjalan dengan lancar. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi mengenai aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mendapat 68,75% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,50%. Sedangkan mengenai observasi aktivitas siswa pada siklus I mendapat 65,62%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,93%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab, yang dapat dilihat dari nilai persentase ketuntasan belajar pada siklus I, yaitu siswa yang tuntas berjumlah 14 siswa dengan perolehan persentase ketuntasan belajar sebesar 60,86%. Pada siklus II ini siswa yang tuntas berjumlah 20 siswa dengan perolehan persentase ketuntasan belajar sebesar 86,95%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufik
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Yeni MeiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Papan Saku; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2016 03:27
Last Modified: 26 Jan 2016 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item