PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENAMPILKAN NILAI-NILAI PANCASILA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS II MI SABILIL KHOIR GLAGAHARUM-PORONG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhriyah, Lianatul (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI MENAMPILKAN NILAI-NILAI PANCASILA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS II MI SABILIL KHOIR GLAGAHARUM-PORONG. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataaanya di dunia pendidikan saat ini banyak ditemui oleh peneliti bahwa guru menguasai mata pelajaran dengan baik tetapi tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik.Hal ini terjadi karena rendahnya tingkat perencanaan yang harus disiapkan oleh guru sehingga mengakibatkan pelajaran kurang maksimal.Selain itu, kegiatan pembelajaran yang tidak didasarkan pada penggunaan metode pembelajaran terkadang kurang efektif di dalam peningkatan hasil materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru.
Berdasarkan hasil pembelajaran yang kurang memuaskan, maka dari itu perlu diterapkan pembelajaran yang baik, tidak hanya guru tetapi peran siswa juga diperlukan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman dalam proses belajar siswa.Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah : 1.Untuk mengetahui penerapan metode problem solving materi menampilkan Nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran pada siswa kelas 2 MI Sabilil Khoir Glagaharum – Porong?
2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang telah dilakukan perubahan dengan menggunakan metode problem solving di kelas 2 MI Sabilil Khoir Glagaharum-Porong?
Analisa data menunjukkan bahwa Penerapan Metode Problem Solving dalam proses pembelajaran materi menampilkan nilai-nilai pancasila yang dilakukan di kelas II MI Sabilil Khoir Glagaharum-Porong mengalami perubahan dan peningkatan dengan cara pembelajaran individu dan kelompok mengunakan metode problem solving menunjukkan hasil yang signifikan antara pra-siklus I dengan siklus II dan siklus III. Hal ini dibuktikan dengan adanya dari hasil belajar siswa serta observasi yang sangat baik.Berdasarkan analisis data menunjukkan dari data hasil tes pra siklus menunjukkan nilai rata-rata 59,5 dengan prosentase 15,9 % pada siklus I nilai rata-rata I sudah baik dengan angka 67,9 dan prosentase ketuntasannya mencapai 57,9% pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,2 atau dapat dikategorikan sangat baik, begitu juga dengan prosentase prestasi belajar mencapai 89,5% dan setelah melakukan tindakan jadi antara pra siklus,siklus I,siklus II dan tindakan yang dilakukan oleh peneliti pengaruh yang cukup besar.
Berdasarkan hal diatas, Setelah di terapkan metode problem solving dan pembelajaran secara kelompok hasilnya sangat memuaskan karena metode problem solving melatih siswa untuk mendesain suatu penemuan, berpikir dan bertindak kreatif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapai dengan tepat dan dapat membuat pendidikan sekolah lebih relevan sehingga siswa mencapai KKM 85 sesuai yang diiginkan dalam pembelajaran dari sejumlah 19 siswa mengalami ketuntasan belajar sejumlah 17 sudah mencapai KKM tinggal 2 siswa yang belum mencapai KKM .Saran dari peneliti yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran guru dapat menerapkan Metode Problem Solving

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhriyah, LianatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Metode Problem Solving; Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:07
Last Modified: 26 Jan 2016 05:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4004

Actions (login required)

View Item View Item