TATHWIIR MAADAH AL QIRA'AH BISTIKHDAAM WA SAAIL AL I'LAAM : BAHTS TATHWIIRII FII AL FASHL AL TSAALITS AL TSAANAWII LIT THAALIBAAT AL BARNAAMIJ AL MUKASAF FII TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH BIMA'HAD AL SALAFII KEDINDING LOR SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthofa, Ahmad (2015) TATHWIIR MAADAH AL QIRA'AH BISTIKHDAAM WA SAAIL AL I'LAAM : BAHTS TATHWIIRII FII AL FASHL AL TSAALITS AL TSAANAWII LIT THAALIBAAT AL BARNAAMIJ AL MUKASAF FII TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYAH BIMA'HAD AL SALAFII KEDINDING LOR SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Materi bahan ajar untuk keterampilan membaca adalah materi yang dianggap penting dalam pendidikan bahasa karena didalamnya meliput pengetahuan-pengetahuan bahasa yang baru dan budaya pemilik bahasa. Penelitian ini berawal dari pengamatan problematika pembelajaran bahasa arab dalam pengembangan keterampilan membaca , pengembangan materi membaca , desaign materi membaca di pondok pesantren As Salafi Al Fithrah . Dimana dikemukakan bahwa para santri mendaptakn kesulitan ketika membaca teks-teks arab yang bersumber dari media cetak yang didalamnya banyak istilah-istilah dan model Tarkib susunan kata yang baru. Demi memenuhi kebutuhan para santri dalam mengembangkan keterampilan membaca peneliti mencoba menyusun materi membaca yang diambil dari teks-teks media cetak dengan berpedoman pada panduan penyususnan materi bahan ajar dan berfokus pada dua pokok permasalahan yakni : 1. Bagaimana proses penyusunan materi membaca dengan menggunakan teks-teks yang diambil dari media cetak ? 2. Sejauh mana efektifitas penggunaan tema-tema yang diambil media cetak dalam pengembangan keterampilan membaca ?
Tujuan dari penelitian ini adalah mengarah pada tiga hal : 1. untuk mengetahui proses pengembangan materi bahan ajar untuk keterampilan membaca dengan menggunakan teks-teks yang diambil dari media cetak, 2. Untuk mengetahui keistimewaan dan kekurangan materi yang dikembangkan, 3. Untuk mengetahui efektifitas pengembangan materi bahan ajar keterampilan membaca dalam mengembangkan keterampilan para santri pondok pesantren As Salafi Al Fithrah dalam membaca teks bahasa Arab pada aspek penilaian yang meliputi: Kemampuan membaca dan mengenali pengetahuan-pengetahuan bahasa yang baru serta memahami teks yang dibaca. Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest One Group dengan jumlah 25 santriwati di program intensif bahasa arab.
Temuan penelitian ini bila dilihat dari hasil yang diperoleh pada aspek kemampuan membaca mengalami peningkatan cukup signifikan yang ditunjukkan dengan kemampuan awal santriwati dengan rata-rata nilai 55,80 dan kemampuan akhir belajar dengan rata-rata nilai 65,8 begitu juga pengetahuan kosakata kosakata baru dan pemahaman teks mengalami peningkatan cukup signifikan yang ditunjukkan dengan kemampuan awal santriwati rata-rata nilai 57,80 dan kemampuan akhir belajar dengan rata-rata 76,32. Kemudian bila dilihat dari aspek kegiatan kelas, keterampilan para santriwati dalam menggunakan teknik ini mengalami kemajuan cukup efektif.
Berdasarkan uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes aspek kemampuan membaca, menunjukkan hasil t-hitung (17,5) > t-tabel (2.49) pada p <0.01. Begitu juga hasil pada aspek pemahaman ide/pokok kalimat, menunjukkan hasil t-hitung (16,23) > t-tabel (2.49) pada p <0.01. Artinya ada perbedaan cukup signifikan antara kemampuan memahami teks bacaan (isi informasi dan ide pokok kalimat) sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan "Media Cetak". Dengan demikian, bahwa penggunaan teknik "Media Cetak" efektif untuk mengembangkan keterampilan pemahaman membaca para santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Afifuddin DImyati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthofa, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Pengembangan Materi; Materi Pendidikan; Keterampilan Membaca; Media cetak; Media Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2016 07:28
Last Modified: 26 Jan 2016 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item View Item