PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PENJAJAHAN BELANDA DENGAN METODE DRIIL PADA SISWA KELAS V MI. DARUL MUSLIMIN BUNCITAN KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syu’uddah, Syu’uddah (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PENJAJAHAN BELANDA DENGAN METODE DRIIL PADA SISWA KELAS V MI. DARUL MUSLIMIN BUNCITAN KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Pelajaran IPS seringkali dikenal sulit dikalangan siswa . Ditambah dengan metode pengajaran guru yang sering tampak menjenuhkan. Hal tersebut tentu mempengaruhi hasil belajar siswa. Peneliti menemukan sebuah fakta mengenai hasil belajar IPS materi penjajahan Belanda yang terbilang rendah.
Dari 27 siswa hanya ada 8 orang siswa ( 30% ) yang tuntas dari KBM.
Tujuan pengadaan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode driil dalam mata pelajaran IPS materi penjajahan Belanda pada siswa kelas V Mi.
Darul Muslimin Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.
Untuk mengetahui hasil penelitian, peneliti melakukan penelitian tindakan kelasdengan pendekatan kualitatif. Dan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, peneliti mengambil tindakan pembelajaran dengan
menggunakan metode driil yang dilakukan dengan dua siklus. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi dan tes. Adapun data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif dan dianalisis dengan
menggunakan rumus nilai rata rata dan prosentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Penerapan metode driil pada pembelajaran IPS berjalan dengan baik melalui perbaikan perbaikan pada tiap siklus.Dalam PBM dapat dilihat aktifitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.2) Pembelajaran dengan menerapkan metode
driil dalam proses pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar materi penjajahan Belanda siswa kelas VMI. Darul Muslimin Buncitan Sedati Sidoarjo.
Dari hasil analisis data, nilai rata rata siswa pada siklus I meningkat menjadi 73,81 dengan prosentase ketuntasan siswa sebesar 66,67%. Kemudian pada siklus II nilai rata rata siswa meningkat lagi menjadi 76 dengan prosentase ketuntasan
sebesar 85,19%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syu’uddah, Syu’uddahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Metode driil; Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 07:12
Last Modified: 26 Jan 2016 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item View Item