Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas I MI Raden Rahmat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saatin, Tom (2015) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas I MI Raden Rahmat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran Matematika pada kelas I MI Raden Rahmat masih kurang efektif, sehingga siswa kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Akibatnya, nilai mata pelajaran Matematika pada siswa masih rendah, yaitu dari 21 siswa hanya 8 siswa (38,09%) yang berhasil mencapai KKM dengan nilai ≥ 70. Sedangkan 13 siswa (61,90%) masih belum mencapai KKM. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui pendekatan realistik yang dilakukan dengan dua siklus.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana penerapan pendekatan realistik pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas I MI Raden Rahmat? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas I MI Raden Rahmat setelah penerapan pendekatan realistik?

Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Model PTK yang digunakan yaitu model Hopkins, yaitu dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obserbvasu dan tes. Instrumen yang digunakan adalah butir butir soal yang berupa pilihan ganda dan jawaban singkat. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dianalisis dengan rumus nilai rata rata dan persentase kutuntasan belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan pendekatan realistik pada pembelajaran mata pelajaran Matematika oleh guru bersama peneliti pada siswa kelas I MI Raden Rahmat berjalan dengan sangat baik melalui perbaikan perbaikan pada tiap siklus. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. (2) Pembelajaran Matematika dengan peningkatan hasil belajar dengan rata rata nilai siswa dari 76,05 (sangat baik) pada siklus I yang secara klasikal belum tuntas atau belum memenuhi KKM 80, menjadi 81,48 (sangat baik) pada siklus II yang secara klasikal siklus ini telah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar yang meningkat dari 71,43% (baik) pada siklus I, menjadi 80,95% (sangat baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufiq
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saatin, TomUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Hasil Belajar; Mata Pelajaran Matematika; Materi Penjumlahan; Pengurangan; Pendekatan Realistik; MI Raden Rahmat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 28 Jan 2016 03:35
Last Modified: 28 Jan 2016 03:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item View Item