ANALISIS KOMUNIKASI PENDENGAR RADIO R FM MOJOKERTO DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI KOMUNIKASI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Putri (2015) ANALISIS KOMUNIKASI PENDENGAR RADIO R FM MOJOKERTO DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI KOMUNIKASI. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Radio merupakan salah satu jenis komunikasi massa, radio bisa dijadikan sarana informasi dan hiburan. Yang disajikan di radio memang kebanyakan beirsi hiburan dengan sajian musik lainya bisa berbagi informasi. Seiring perkembangan zaman, radio kini tidak hanya bisa di dengarkan secara lokal saja karena sudah ada fasilitas streaming. Radio yang dipilih peneliti adalah Radio R FM Mojokerto karena satu-satunya radio yang sudah ada fasilitas streaming audio visual.Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana motif pendengar memilih radio R FM Mojokerto, (2) Bagaimana persepsi pendengar tentang radio R FM Mojokerto.
Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruhdan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif yang berguna untuk memberikan data dan fakta. Dalam penelitian mengenai Analisis Komunikasi Pendengar Radio R FM Mojokerto dalam Perspektif Psikologi Komunikasi, peneliti menggunakan teori uses and gratification sebagai acuan untuk menganalisis data dalam penelitian ini.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa(1) Motif pendengar memilih radio R FM Mojokerto. Banyak alasan pendengar memilih R FM Mojokerto sebagai media hiburan, ada yang sukasama program acaranya dikemas menarik, musik yang disajikan enak di dengar sampai penyiarnya yang ramah dengan pendengar. (2) Persepsi pendengar mengenai Radio R FM Mojokerto dibagi menjadi 4 bagian (a) Persepsi mengenai program acara yang disajikan di radio R FM Mojokerto memang sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat Mojokerto. Ada program acara obrolan bertopik dan program acara full request lagu. Namun pendengar aktif yang gabungan saat aktifitas (bekerja) lebih menyukai program full request sedangkan pendengar yang lebih banyak meluangkan waktu dirumah lebih menyukai program obrolanbertopik. (b) Persepsi mengenai penyiar. Dari hasil penelitian, penyiar sudah sesuai dengan program acara yang dibawakan. Meskipun itu program penyiar duet ataupun single. (c) Persepsi mengenai musik. Berbagai macam genre music disajikan di sajikan di berbagai macam program acara memang sudah sesuai karakter orang Mojokerto. Musik yang disajikan bias dinikmati dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan menengah atas sampai menengah bawah dan mulia usia muda sampai usia dewasa. (d) Pesepsi mengenai live streaming audio visual. Pendengar lebih minat mendengarkan radio secara manual, jika menggunakan streaming pada saat mempunyai tujuan tertentu misalnya, penasaran sama penyiarnya dan sedang di luar kota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yoyon Mudjiono
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, PutriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Persepsi; Motif; Komuniksi Massa;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2016 07:13
Last Modified: 29 Jan 2016 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item View Item