PEMANFAATAN LINGKUNGANALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SD ALAM INSAN MULIA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Ludfi Nur (2015) PEMANFAATAN LINGKUNGANALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SD ALAM INSAN MULIA SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (856kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian dalam mengkaji pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembentukan akhlak siswa dimana obyek penelitian di SD Alam Insan
Mulia Surabaya. Maka penulis menemukan rumusan masalahnya adalah tentang (1)Bagaimana pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar di SD Insan Mulia Surabaya? (2) Bagaimana implikasi pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber dalam pemebentukan akhlak di SD Insan Mulia Surabaya? (3) Bagaimana kendala dan solusi pemanfaatan lingkungan alam di SD Insan Mulia Surabaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dari lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) SD Sekolah alam Insan Mulia Surabaya merupakan sekolah yang berbasis alam dengan menerapkan kurikulum K-13 berbasis kompetensi kehidupan yang berorientasi pada lintas mata pelajaran (tematik-integratif).
Adapun dalam prosesnya menerapkan konsep pembelajaran tematik dengan metode Integrated learning, Joyfull learning, Contextual teaching dan Cooperative learning yang
didukung oleh media sarana dan prasarana khusus tentang pemenfaatan lingkungan alam.(2)implikasi pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dirancang dalam kurikulum dengan muatan kompetensi Akidah Akhlak pendidikan Islam) sebagai salah satu dari beberapa kompetensi yang ada sebagai landasan tema pembelajaran. Maka akhlak yang terbentuk melalui proses belajar mengajar berbasis alam itu adalah: Alam anak, sebagai pengenalan diri siswa, alam sosial, sebagai pengenalan diri siswa terhadap lingkungan social, alam lingkungan, sebagai pengenalan diri siswa terhadap lingkungan social, dan realitas alam semesta (3) kendala dan solusi yang terjadi di SD Alam Insan Mulia Surabaya adalah, pertama dari siswa yang berkebutuhan khusus menyebabkan guru hanya berfokus pada siswa tersebut lalu solusinya adalah ada guru pendamping khusus untuk siswa berkebutuhan khusus, kendala keduaberasal dari minimnya pengawasan dari orang tua karena siswa SAIM berasal dari keluarga yang tingkat ekonominya menengah ke atas. Maka sekolah menyediakan promes (program semester) untuk panduan wali murid ketika di rumah agar
mengetahui kegiatan putra mereka selama disekolah, dengan begitu terjalin komunikasi antara orang tua dan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Moch Tochah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, Ludfi NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Lingkungan; Sumber Belajar; Akhlak; SD Alam; Insan Mulia
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2016 08:51
Last Modified: 29 Jan 2016 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4287

Actions (login required)

View Item View Item