MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VA MINU WARU 2 SIDOARJO PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasnah, Niswatun (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VA MINU WARU 2 SIDOARJO PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman peneliti dalam mengajarkan matematika materi sifat-sifat bangun datar di MINU Waru 2. Peneliti mendapatkan permasalahan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi sifat-sifat bangun datar masih rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengorganisasian kelas, strategi belajar-mengajar yang masih berpusat pada guru, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses pembelajaran yang kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VA MINU Waru 2 Sidoarjo melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari empat komponen untuk setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi pada siklus tersebut akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA MINU Waru 2 Sidoarjo yang berjumlah 18 siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak terhadap meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa. Data hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis kategori baik sebesar 50% dari jumlah siswa yang diobservasi. Sedangkan data hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu sebesar 70% dari jumlah siswa yang diobservasi, artinya meningkat 20% dibanding siklus I

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moh. Hafiyusholeh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasnah, NiswatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Kooperatif TPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:57
Last Modified: 01 Feb 2016 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4342

Actions (login required)

View Item View Item