IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG BERWAWASAN MULTIKULTURAL : STUDI KASUS DI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Nurul (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG BERWAWASAN MULTIKULTURAL : STUDI KASUS DI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Meneliti Implementasi Pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah menengah atas (SMA) menarik dan perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.
Fokus penelitian ini hendak membahas bagaimana materi Pendidikan Agama Islam multikultural yang diterapkan? Metode apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam multikultural? Dan bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam multikultural di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologis, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai dengan fokus penelitian. Untuk melihat keabsahan data digunakan teknik trianggulasi data dan kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan.
Setelah dilakukan penelitian secara menyeluruh tentang implementasi Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, maka dapat disimpulkan bahwa: materi Pendidikan Agama Islam multikultural yang tepat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kerukunan antar umat beragama. Dengan tujuan pembelajaran supaya bisa hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dapat dilihat dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikulturalisme dan dapat diukur dengan sikap keagamaan dan sikap sosial. Berbagai macam metode diskusi yang digunakan dalam pembelajaran PAI multikultural dengan tujuan agar supaya pembelajaran menjadi menyenangkan dan menggairahkan siswa, sehingga mempermudah dalam proses belajar mengajar bagi guru maupun peserta didik. Bahwasanya menunjukkan tingkah laku peserta didik yang meliputi saling menghargai, toleransi, apresiasi, dan tindakan peserta didik terhadap perbedaan budaya, agama, ras, suku lainnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ali Maksum
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: PAI; Pendidikan Multikultural; Toleransi; Apresiasi;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2016 04:50
Last Modified: 03 Feb 2016 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item