This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulidiyah, Nurul (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG BERWAWASAN MULTIKULTURAL : STUDI KASUS DI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (541kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
Meneliti Implementasi Pendidikan Agama Islam di lingkungan sekolah menengah atas (SMA) menarik dan perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.
Fokus penelitian ini hendak membahas bagaimana materi Pendidikan Agama Islam multikultural yang diterapkan? Metode apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam multikultural? Dan bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam multikultural di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologis, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai dengan fokus penelitian. Untuk melihat keabsahan data digunakan teknik trianggulasi data dan kemudian dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan.
Setelah dilakukan penelitian secara menyeluruh tentang implementasi Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, maka dapat disimpulkan bahwa: materi Pendidikan Agama Islam multikultural yang tepat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kerukunan antar umat beragama. Dengan tujuan pembelajaran supaya bisa hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dapat dilihat dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikulturalisme dan dapat diukur dengan sikap keagamaan dan sikap sosial. Berbagai macam metode diskusi yang digunakan dalam pembelajaran PAI multikultural dengan tujuan agar supaya pembelajaran menjadi menyenangkan dan menggairahkan siswa, sehingga mempermudah dalam proses belajar mengajar bagi guru maupun peserta didik. Bahwasanya menunjukkan tingkah laku peserta didik yang meliputi saling menghargai, toleransi, apresiasi, dan tindakan peserta didik terhadap perbedaan budaya, agama, ras, suku lainnya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Maksum | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | PAI; Pendidikan Multikultural; Toleransi; Apresiasi; | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2016 04:50 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2016 04:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4352 |
Actions (login required)
View Item |