ISTIKHDAM AL THARIQAH AL SAM’IYAH AL BASHARIYAH LI TANMIYAH MAHARAH AL KALAM AL ARABY LI THULAB AL FASHL AL TSAMIN BI MADRASAH SUNAN DRAJAT AL TSANAWIYAH PACIRAN LAMONGAN : BATHS TATHWIRY

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halim, Muhammad Nur (2015) ISTIKHDAM AL THARIQAH AL SAM’IYAH AL BASHARIYAH LI TANMIYAH MAHARAH AL KALAM AL ARABY LI THULAB AL FASHL AL TSAMIN BI MADRASAH SUNAN DRAJAT AL TSANAWIYAH PACIRAN LAMONGAN : BATHS TATHWIRY. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam pemilihan judul tesis ini adalah penulis tertarik kepada MTs. Sunan Drajat Banjarwati yang mana pada berlatar belakang sekolah ini adalah dalam naungan pondok pesantren, yang mana seharusnya siswa yang sekolah di MTs. Sunan Drajat faham dan bisa betul dengan mengucapkan kalimat arab khususnya pada pelajaran bahasa arab, tetapi kebanyakan siswa lebih menyukai dengan bahasa asing lain seperti, bahasa inggris atau mandarin. Karena mereka beranggapan bahwa bahasa arab hanya digunakan pada tempat-tempat tertentu seperti dipondok pesantren atau di Negara-negara yang menggunakan bahasa arab.
Sedangkan focus permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Apa kesulitan mengajarkan bahasa arab dalam keterampilan berbicara di MTs. Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan. 2) bagaimana mengatasi kesulitan dalam mengajarkan bahasa arab dalam keterampilan berbicara di MTs. Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan. 3) bagaimana penggunaan media pemebelajaran audio visual dalam pembelajaran keterampilan berbicara dalam bahasa arab di MTs. Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan.
Adapaun tujuan peneliti adalah 1)untuk mengetahui kesulitan mengajarkan bahasa arab dalam keterampilan berbicara di MTs. Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan. 2) untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi kesulitan dalam mengajarkan bahasa arab dalam keterampilan berbicara di MTs. Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan. 3) untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan media pembelajaran Audio Visual dalam pembelajaran keterampilan berbicara di MTs. Sunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar ketrampilan berbicara dan mengetahui efektifitas Media Audio Visual dalam meningkatkan kemampuan ketrampilan berbicara siswa di MTs Sunan Drajat ini. metode ini memiliki kelebihan-kelebihan dalam pembelajaran bahasa arab, diantaranya membantu meningkatkan semangat para siswa dalam proses pembelajaran, kemauan siswa untuk belajar, dan mudah penggunaannya dalam berbagai tingkatan pendidikan dengan berbagai tujuan.
Dalam pelaksanaanya, peneliti menggunakan desain penelitian eksperiment. dengan pendekatan kuantitatif, dan dalam penelitian ini terdiri dari 4 langkah; (1) Penyusunan rencana pengajaran, (2) Penerapan Media Audio Visual, (3) Observasi, (4) Penilaian. Instrumen untuk pengumpulan data terdiri dari; 1) Observasi, 2) Angket, 3) wawancara 4) Tes (Pre tes dan Post-tes).
1.Dalam implementasinya tidak semua tema dalam pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan menggunakan media audio visual, dalam tema cerita atau drama memang sangat tepat dengan menggunakan media audio visual, namun dalam tema pembelajaran insya’ (mengarang dengan menggunakan bahasa Arab) media ceraah lebih tepat digunakan, karena dalam merangkai kalimat siswa butuh ilmu-ilmu lain selain paham arti dari kata (mufrodat) seperti ilmu nahwu, shorof dan balaghoh. Namun demikian, metode audio visual tidak bisa menjadi metode pembelajaran yang berdiri sendiri karena akan lebih efektif jika dibarengi dengan metode lain seperti ceramah.
2.Hasil penelitian yang bisa diperoleh adalah Bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab mempunyai dampak bagi motivasi dan minat siswa, karena dengan menggunakan media audio visual siswa lebih cepat memahami arti dari kata (mufrodat) dan siswa lebih menyukai belajar dengan menggunakan audio visual karena mereka dapat menyaksikan dan mendengar langsung bagaimana bahasa Arab diucapkan. Sedangkan dampak pemakaian audio visual bagi guru adalah beban guru menjadi lebih ringgan karena yang akan disampaikan terekam oleh audio visual, guru hanya mengamati dan memberikan sedikit keterangan.
3.Hasil penelitian ini menunjukkan Media Audio Visual mampu memperbaiki proses belajar mengajar ketrampilan berbicara siswa kelas 8 di MTs Sunan Drajat Banjarwati. hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata akhir pada proses belajar mengajar. selain itu penggunaan Media Audio Visual dalam pembelajaran bahasa arab dapat menumbuhkan kecintaan siswa dalam pembelajaran ketrampilan berbicara. hal ini diindikasikan dengan penuhnya perhatian mereka ketika mengikuti proses belajar mengajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Mas’an Hamid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halim, Muhammad NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Maharah Kalam; Media Audio Visual; Pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2016 07:09
Last Modified: 05 Feb 2016 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4516

Actions (login required)

View Item View Item