Analisis fasilitas dan pelayanan Hotel Grand Kalimas Syariah Surabaya perspektif Muhammad Rayhan Janitra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Fitriyah (2021) Analisis fasilitas dan pelayanan Hotel Grand Kalimas Syariah Surabaya perspektif Muhammad Rayhan Janitra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriyah_C74213107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif ‎dengan pisau analisis ekonomi syariah yaitu enam prinsip dasar syariah dalam ‎bisnis perhotelan berdasarkan pemikiran Muhammad Rayhan Janitra yaitu prinsip ‎konsumsi, prinsip hiburan, prinsip etika, prinsip kegiatan usaha, prinsip batasan ‎hubungan, dan prinsip tata letak. Pola pikir yang digunakan dalam analisis adalah ‎induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan ‎stakeholder hotel, observasi, dan dokumentasi.‎Hasil penelitian ini adalah pihak hotel selalu mengusahakan fasilitas hotel ‎agar menjadi kemudahan bagi tamu muslim dalam beribadah seperti penyediaan ‎perlengkapan salat di kamar tidur, media bersuci di kamar mandi dan toilet, ‎penunjuk arah kiblat, serta pengadaan program keislaman. Dalam pelayanannya ‎pun hotel selalu berupaya untuk menghindari penyalahgunaan hotel sebagai ‎tempat judi, tindak asusila, atau narkoba, seperti proses screening bagi tamu ‎berpasangan, mengerahkan Security sebagai tindak lanjut, serta tidak melayani ‎makanan dan minuman yang haram dikonsumsi. Fasilitas Hotel Grand Kalimas ‎Syariah Surabaya secara keseluruhan baik dalam menerapkan prinsip-prinsip ‎syariah dalam bisnis perhotelan, namun kurang maksimal dalam menerapkan ‎prinsip batasan hubungan di area front office, toilet umum, dan musolla. Kendala ‎yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran pihak hotel untuk memasang himbauan ‎tertulis bagi tamu muslim agar berbusana rapi dan tertutup sehingga kurang ‎tercipta suasana Islami di kawasan hotel, serta keterbatasan luas tanah hotel ‎sehingga tidak ada penyekat antar urinoar di toilet dan berbaurnya tamu laki-laki ‎dan perempuan yang beribadah di musolla. Sedangkan dari pelayanan hotel, secara ‎keseluruhan sangat baik dalam menerapkan keenam prinsip syariah tersebut, hanya ‎saja terdapat kekurangan dalam menerapkan prinsip konsumsi di restoran sebab ‎tidak adanya pengawasan terhadap cara penyembelihan daging yang dibeli. ‎Begitu pula kurangnya hotel dalam menerapkan prinsip etika di lobby yaitu ‎karyawan hotel tidak memberi salam kepada tamu yang tidak datang ke meja front ‎office, serta pihak front office tidak menyediakan kain potong atau semacamnya ‎untuk tamu non muslimah yang berbusana sangat terbuka.Dari hasil penelitian di atas, maka disarankan kepada pihak hotel untuk ‎meningkatkan kesadaran terhadap batasan hubungan antara laki-laki dan ‎perempuan dengan memberi himbauan tertulis bagi tamu agar berbusana rapi dan ‎tertutup, menyediakan kain potong atau semacamnya untuk tamu yang berbusana ‎sangat terbuka, melakukan pengawasan terhadap cara penyembelihan daging yang ‎dibeli, serta memasang CCTV di musolla dan toilet umum.‎

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Fitriyahqistyb94@gmail,comC741213107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Bisnis
Keywords: Pelayanan Hotel Grad Kalimas syariah; Hotel Islami; Manajemen Islami.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitriyah Ghozali
Date Deposited: 21 Jan 2021 23:03
Last Modified: 21 Jan 2021 23:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45779

Actions (login required)

View Item View Item