This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriyah, Fitriyah (2021) Analisis fasilitas dan pelayanan Hotel Grand Kalimas Syariah Surabaya perspektif Muhammad Rayhan Janitra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Fitriyah_C74213107.pdf Download (2MB) |
Abstract
Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pisau analisis ekonomi syariah yaitu enam prinsip dasar syariah dalam bisnis perhotelan berdasarkan pemikiran Muhammad Rayhan Janitra yaitu prinsip konsumsi, prinsip hiburan, prinsip etika, prinsip kegiatan usaha, prinsip batasan hubungan, dan prinsip tata letak. Pola pikir yang digunakan dalam analisis adalah induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan stakeholder hotel, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah pihak hotel selalu mengusahakan fasilitas hotel agar menjadi kemudahan bagi tamu muslim dalam beribadah seperti penyediaan perlengkapan salat di kamar tidur, media bersuci di kamar mandi dan toilet, penunjuk arah kiblat, serta pengadaan program keislaman. Dalam pelayanannya pun hotel selalu berupaya untuk menghindari penyalahgunaan hotel sebagai tempat judi, tindak asusila, atau narkoba, seperti proses screening bagi tamu berpasangan, mengerahkan Security sebagai tindak lanjut, serta tidak melayani makanan dan minuman yang haram dikonsumsi. Fasilitas Hotel Grand Kalimas Syariah Surabaya secara keseluruhan baik dalam menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam bisnis perhotelan, namun kurang maksimal dalam menerapkan prinsip batasan hubungan di area front office, toilet umum, dan musolla. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran pihak hotel untuk memasang himbauan tertulis bagi tamu muslim agar berbusana rapi dan tertutup sehingga kurang tercipta suasana Islami di kawasan hotel, serta keterbatasan luas tanah hotel sehingga tidak ada penyekat antar urinoar di toilet dan berbaurnya tamu laki-laki dan perempuan yang beribadah di musolla. Sedangkan dari pelayanan hotel, secara keseluruhan sangat baik dalam menerapkan keenam prinsip syariah tersebut, hanya saja terdapat kekurangan dalam menerapkan prinsip konsumsi di restoran sebab tidak adanya pengawasan terhadap cara penyembelihan daging yang dibeli. Begitu pula kurangnya hotel dalam menerapkan prinsip etika di lobby yaitu karyawan hotel tidak memberi salam kepada tamu yang tidak datang ke meja front office, serta pihak front office tidak menyediakan kain potong atau semacamnya untuk tamu non muslimah yang berbusana sangat terbuka.Dari hasil penelitian di atas, maka disarankan kepada pihak hotel untuk meningkatkan kesadaran terhadap batasan hubungan antara laki-laki dan perempuan dengan memberi himbauan tertulis bagi tamu agar berbusana rapi dan tertutup, menyediakan kain potong atau semacamnya untuk tamu yang berbusana sangat terbuka, melakukan pengawasan terhadap cara penyembelihan daging yang dibeli, serta memasang CCTV di musolla dan toilet umum.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Islam Manajemen Bisnis |
||||||||
Keywords: | Pelayanan Hotel Grad Kalimas syariah; Hotel Islami; Manajemen Islami. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Fitriyah Ghozali | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2021 23:03 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jan 2021 23:03 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45779 |
Actions (login required)
View Item |